Menstruasi Nggak Bikin Rugi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi Nggak Bikin Rugi

Menstruasi Nggak Bikin Rugi

16 Oct 2019

Menstruasi Nggak Bikin Rugi

Pas lagi menstruasi, biasanya perempuan mengaku mengalami gangguan berpikir, seperti gampang lupa dan susah konsentrasi. Kamu mengalaminya juga nggak, Girls?

Sebuah artikel di jurnal Frontiers in Behavioral Neuroscience yang diterbitkan pada akhir Juni 2017, menjelaskan hasil penelitian terbaru yang mengatakan kemampuan berpikir perempuan sebenarnya nggak berubah saat menstruasi. Penulis laporan yang juga pemimpin penelitian, Brigitte Leeners, seorang profesor di the Clinic for Reproductive Endocrinology at the University Hospital, Zurich, menjelaskan bahwa penelitian yang dilakukannya bersama tim itu, menguji kemampuan berpikir 68 responden perempuan saat menstruasi, selama dua siklus menstruasi berturut-turut.

Hasil pengujian pertama ditemukan bahwa para responden nggak bisa bereaksi terhadap tugas dan tes secara optimal. Tapi pada pengujian kedua, hasil yang didapat justru sangat baik. Para responden yang sudah menjalani tes yang sama telah mengetahui jawaban yang benar, dan bisa menyelesaikan semua tugas dengan baik. Artinya, memori dan kemampuan konsentrasi mereka sebenarnya sangat baik, sekalipun lagi menstruasi dan mengalami naik turunnya kadar hormon reproduksi.

Profesor Briggite Leeners menyatakan bahwa dia dan tim peneliti berharap ada lebih banyak penelitian tentang hal ini, supaya bisa mematahkan mitos yang beredar, dan perempuan akan dinilai kemampuannya sebagaimana harusnya.

Tuh kan, Girls, ternyata menstruasi itu nggak mengganggu kemampuan berpikirmu sama sekali lho! So, jangan pernah menjadikan menstruasi sebagai alasan kalau kamu tiba-tiba jadi gampang lupa dan susah konsentrasi ya! Sebenarnya itu semua cuma sugesti kamu aja, karena udah percaya sama mitos yang beredar selama ini. Don’t trust it, Girls!

Yuk, share info ini ke group chat teman-teman cewekmu, supaya mereka juga tau fakta yang sebenarnya!

Related Articles

Adulthood
29 Jun 2019

4 Gejala Awal Kanker Organ Reproduksi yang Sering Kamu Anggap Sepele

The American Cancer Society memperkirakan telah terjadi 100.000 kasus baru kanker organ reproduksi s...
Adulthood
15 Jul 2019

Komplikasi Gangguan Menstruasi

Kamu pernah mengalami aliran darah yang terlalu banyak atau terlalu sedikit nggak, Girls? Eits, jang...
Adulthood
27 Sep 2019

PMS atau Bukan sih?

PMS itu memang nyebelin banget! Teman bercanda biasa aja pasti bisa bikin kamu marah, betul nggak, G...