Menarche Dini Ternyata Bisa Tingkatkan Risiko Darah Tinggi!
ask dr laurier

Menarche Dini Ternyata Bisa Tingkatkan Risiko Darah Tinggi!

Menarche Dini Ternyata Bisa Tingkatkan Risiko Darah Tinggi!

01 Jul 2019

Menarche Dini Ternyata Bisa Tingkatkan Risiko Darah Tinggi!

Girls, kamu tau nggak sih, kalau usia seorang perempuan mengalami menarche atau menstruasi pertama, ternyata berhubungan erat sama risiko hipertensi di usia produktif. Ini adalah kesimpulan dari para peneliti di University of Georgia, Amerika Serikat. Hasil penelitian ini sudah diterbitkan dalam jurnal Hypertension Research edisi 1 tahun 2019.

Menurut Luqi Shen, peneliti yang menuliskan laporan penelitian tersebut, hal ini perlu diteliti lagi, karena hasil-hasil penelitian sebelumnya nggak sinkron. Ada yang menyatakan kalau menarche di usia dini bisa memicu risiko hipertensi di usia dewasa, tapi ada juga hasil penelitian yang mengatakan keterlambatan menarche malah bisa meningkatkan risiko hipertensi di usia dewasa. Hmm….jadi mana yang benar ya?

Para peneliti dari University of Georgia melakukan analisa terhadap 7.893 data responden perempuan, yang diperoleh melalui Studi Longitudinal Kesehatan Para Purnakarya di Tiongkok. Data tersebut mencakup faktor biologis, demografi, dan gaya hidup, yang diketahui sebagai faktor yang bisa memicu hipertensi. Luqi Shen juga menjelaskan bahwa kondisi itu berkaitan dengan sistem tubuh. Saat satu sistem mengalami proses perkembangan lebih awal atau justru tertunda, maka bakal berdampak pada sistem yang lain. Perempuan yang mengalami menarche dini mungkin punya sistem kardiovaskular yang berkembang nggak optimal, sehingga terjadi peningkatan risiko, seperti hipertensi di akhir masa dewasa.

Luqi Shen mengatakan bahwa hasil penelitian ini merupakan penemuan yang berarti untuk melengkapi berbagai penelitian tentang kejadian-kejadian di usia muda yang bisa memengaruhi kesehatan jangka panjang. Luqi Shen juga mengingatkan bahwa mekanisme biologis yang mendasari risiko ini bisa dikurangi kalau seorang perempuan dari awal sudah menerapkan pola hidup sehat dan punya riwayat kesehatan yang baik.

So Girls, mau kamu mengalami menarche di usia dini ataupun nggak, intinya kamu harus tetap menjaga kesehatan tubuhmu dengan baik, supaya kamu nggak gampang terkena risiko penyakit apapun! Don’t forget, healthy is number one, dear!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu, supaya mereka juga tau tentang info ini!

Related Articles
Adulthood
09 Sep 2019

Masa sih, Olahraga Bisa Ubah Siklus Menstruasi?!

Kamu pasti udah paham banget kan, kalau olahraga adalah aktivitas yang disarankan untuk menjaga kese...
Adulthood
14 Jun 2019

Bye-bye Mood Swing

Girls, kamu harus tau lho, kalau perubahan mood yang terlalu sering dan drastis pas menjelang menstr...
Adulthood
27 Feb 2020

Setelah Keguguran, Kapan ya Kira-Kira Masa Suburku Datang Lagi?

Moms, ketika kamu mengalami keguguran, pasti kamu bertanya-tanya, kapan akan mendapatkan menstruasi ...