Membaca Siklus Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Membaca Siklus Menstruasi

Membaca Siklus Menstruasi

24 Sep 2019

Membaca Siklus Menstruasi

Masih sering bingung karena menstruasi terjadi berubah-ubah tanggal, atau malah sesekali nggak mengalami menstruasi sampai sebulan lebih? Kalau hal ini kamu alami, berarti kamu nggak sendirian, Girls! Nyaris semua cewek mengalami hal ini kok, menstruasi terjadi seakan nggak teratur, dan tanggal yang bertepatan sama hari pertama menstruasi bisa berubah-ubah setiap bulan.

Umumnya, kamu sering menggunakan istilah siklus bulanan untuk menjelaskan menstruasi. Tapi penggunaan istilah ini justru bikin salah kaprah. Kamu jadi menyangka kalau menstruasi itu terjadi setiap bulan, dan berulang setiap empat minggu secara teratur. Hmm….salah nih, Girls!

Siklus menstruasi setiap cewek itu berbeda-beda antara 21 – 35 hari, dan bisa jadi nggak berulang tepat setiap empat minggu. Tapi, rata-rata cewek mengalaminya setiap 28 – 30 hari. Kamu udah tau caranya menghitung siklus menstruasi kan? Gampang banget kok! Kamu bisa menghitung siklus menstruasi dengan menandai di kalender. Tandai tanggal hari pertama menstruasimu saat ini, sampai hari pertama menstruasi berikutnya.

Menurut catatan medis, menstruasi terjadi selama 2 – 10 hari, tapi kebanyakan cewek mengalaminya selama 5 – 7 hari. Kalau kamu khawatir karena menstruasimu berlangsung lama dengan volume darah yang banyak, sebaiknya langsung bilang ke mama biar kamu bisa berkonsultasi ke dokter.

Kalau di usia remaja ini siklus menstruasimu belum teratur, maka itu hal yang wajar kok, karena kamu masih dalam proses pertumbuhan sampai berusia akhir 18 tahun. Kadar hormon reproduksimu juga masih dalam penyempurnaan dan belum seimbang, sehingga berdampak pada volume darah menstruasi yang akan dikeluarkan sama tubuhmu. Nah, hal inilah yang bikin siklus menstruasimu berbeda-beda tiap bulannya. Tapi tenang aja, Girls! Siklus menstruasimu pasti bakal teratur kurang lebih tiga tahun setelah kamu mengalami menarche.

Selain itu, kamu juga harus lebih aware kalau siklus menstruasimu tiba-tiba berubah atau nggak teratur, padahal enam bulan sebelumnya teratur. Biasanya ada beberapa faktor yang memengaruhinya, yaitu:

  • Lagi menjalani diet ketat atau berat badan bertambah secara drastis
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu sehingga memengaruhi hormon tubuh
  • Beraktivitas atau olahraga secara berlebihan
  • Kurang mengonsumsi makanan bernutrisi
  • Stres dan hormon yang nggak seimbang
  • Kurang tidur

Kalau kamu mengalami kondisi tersebut, jangan pernah anggap sepele ya! Sebaiknya, langsung periksakan diri ke dokter supaya siklus menstruasimu bisa kembali normal. Makanya, kamu harus menjaga kesehatanmu selama menstruasi dengan memenuhi kebutuhan nutrisimu, istirahat yang cukup, rajin berolahraga, dan menghindari stres supaya siklus menstruasimu tetap teratur. Be healthy, Girls!

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka juga bisa tau info ini!

Related Articles

Adulthood
09 Aug 2019

Darah Menstruasiku Kok, Sedikit Banget?

Girls, kamu pernah nggak sih, pas lagi menstruasi darah yang keluar jumlahnya sedikit dan waktu mens...
Adulthood
10 Jul 2019

Menstruasi yang Nggak Teratur Perlu Diobati Nggak sih?

Kamu sering merasa deg-degan pas lagi nunggu menstruasi, karena jadwalnya nggak teratur? Kamu pasti ...
Adulthood
08 Jul 2019

Kok, Perutku Masih Terasa Nyeri?

Kalau mengalami kram atau nyeri perut pas menjelang atau beberapa hari di awal menstruasi pasti kamu...