Mataku Minus atau….?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Mataku Minus atau….?

Mataku Minus atau….?

23 Sep 2019

Mataku Minus atau….?

Kamu tau nggak sih, Girls, kalau matamu juga bakal bereaksi saat terjadi perubahan kadar hormon menjelang dan selama menstruasi? Kenapa ya? Selama minggu pertama menstruasi, terjadi peningkatan kadar estrogen di dalam tubuhmu. Kondisi ini bisa mengganggu fungsi mata, seperti pandangan kabur, nggak fokus dan mata jadi berair.

Sebagian besar perubahan pada mata yang dialami cewek saat masa puber nggak bisa diperbaiki. Tapi kamu nggak perlu cemas, karena memastikan pola makan yang sehat adalah cara yang paling tepat untuk melindungi kemampuan penglihatanmu dan mengurangi dampak naik turunnya kadar hormon setiap kali menjelang menstruasi. Makanya, kamu disarankan banget untuk mengonsumsi dua porsi buah dan sayuran setiap hari. Kamu juga harus menghindari makanan olahan, terutama yang mengandung pemanis dan penyedap rasa buatan. Pola makan ini benar-benar disarankan untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatanmu, Girls.

Sedangkan kalau kamu mengalami gangguan penglihatan saat menstruasi, selain memakai obat tetes mata, kamu juga bisa mencoba pakai kompresan hangat. Kompresan hangat bisa membantu menghilangkan kotoran dari mata dan membersihkan saluran air mata yang mungkin tersumbat. Cara ini juga bisa mengurangi mata merah karena iritasi yang sering banget membuat mata jadi berair. Kamu cukup celupkan kapas atau handuk ke dalam air hangat, lalu peras supaya nggak banyak kelebihan air, dan langsung kompreskan pada mata. Berbaringlah dan biarkan selama 5 – 10 menit, supaya matamu juga bisa beristirahat.

Mungkin kamu masih nggak nyangka kalau ternyata menstruasi ada hubungannya sama mata, betul nggak, Girls? Tapi asalkan kamu rajin mengonsumsi makanan yang sehat, pasti kesehatan matamu juga bakal terjaga dengan baik! Kamu juga tinggal melakukan cara simple seperti di atas, kalau tiba-tiba mengalami gangguan pada mata pas lagi menstruasi. Intinya, kamu nggak perlu panik, karena kondisi ini umum terjadi akibat kadar hormon dalam tubuhmu yang berubah-ubah menjelang menstruasi.

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini ya, supaya mereka juga tau info ini!

Related Articles

Adulthood
14 Jun 2019

Cara Melancarkan Haid yang Paling Ampuh!

Haid yang terlambat pasti bakalan bikin cemas, iya nggak sih, Girls? Apalagi kalau kamu nggak haid s...
Adulthood
24 Jun 2019

Kok, Perutku Terasa Kembung ya?

Girls, saat menjelang dan selama menstruasi, kamu sering merasa masuk angin nggak? Ternyata sensasi ...
Adulthood
02 Jul 2019

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Pas Lagi Menstruasi

Girls, kamu sadar nggak, kalau kebiasaan atau rutinitas selama menstruasi yang kamu anggap normal, t...