Masturbasi Itu Apa, sih?
ask dr laurier

Masturbasi Itu Apa, sih?

Masturbasi Itu Apa, sih?

05 Jul 2019

Masturbasi Itu Apa, sih?

Girls, mungkin kamu masih bertanya-tanya, “Masturbasi itu apa, sih?”, “Emang boleh ya, melakukan masturbasi?” Hmm….jadi gini ya, Girls, setelah organ reproduksi mulai berfungsi lengkap, seorang cewek bakal mengalami menstruasi. Lalu seiring bertambahnya usia, dorongan-dorongan seksual juga bakalan muncul nih. Tapi tenang aja, kondisi ini sangat wajar kok, dan termasuk sebagai respon tubuh yang sehat terhadap pertambahan hormon yang terjadi. Dorongan seksual itu kebutuhan biologis lho, sama aja seperti rasa lapar atau haus. Nah, sehubungan sama kondisi inilah akhirnya masturbasi bisa dikenal sama para remaja.

Masturbasi adalah pemenuhan dorongan seksual seseorang yang dilakukan sama dirinya sendiri. Caranya adalah dengan menyentuh organ seksual. Biasanya bakal bikin perasaan jadi senang dan nyaman. Dipandang dari sisi reproduksi, aktivitas masturbasi ini nggak berbahaya, karena seseorang bisa memenuhi kebutuhan biologisnya tanpa risiko (kehamilan). Eits, walaupun begitu, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan nih!

  • Risiko infeksi

Alat genital termasuk sebagai organ yang rentan sama gangguan mikro organisme dan merupakan saluran penghubung antara dunia luar dengan organ reproduksi di dalam rongga perut. Jadi, kalau kamu secara sengaja memasukkan benda asing yang belum tentu bersih atau higienis, berarti kamu meningkatkan risiko diri sendiri terhadap infeksi.

  • Nggak nyaman

Karena latar belakang nilai, norma, dan agama, biasanya setelah melakukan masturbasi seseorang bakal merasa bersalah. Hal ini disebabkan karena pada umumnya nilai, norma dan ajaran agama cuma mentolerir aktivitas seksual yang dilakukan sama pasangan berbeda jenis dan sudah sah atau menikah. Berarti aktivitas seksual di luar kondisi tersebut, termasuk masturbasi, dianggap nggak benar atau menyimpang.

Sebenarnya masturbasi adalah keputusan pribadi seseorang. Tapi, ada baiknya kalau kamu tetap mempertimbangkan hal-hal yang berhubungan erat sama kondisi tersebut, seperti kesehatan dan kenyamanan diri sendiri. So be wise, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini, supaya mereka jadi lebih paham tentang masturbasi!

Related Articles
Adulthood
26 Jul 2022

Kencing Nanah Itu Penyakit Apa, Sih?

Dalam dunia medis, kencing nanah dikenal dengan istilah gonorrhea atau gonore. Gangguan kesehatan in...
Adulthood
16 Jul 2019

5 Tahapan PMS yang Mungkin Kamu Alami

“Harusnya menstruasi masih 10 hari lagi, tapi kok, aku mulai mengalami demam, capek, dan moody...
Adulthood
05 Sep 2019

5 Faktor yang Pengaruhi Kesehatan Reproduksi

Girls, ternyata menjaga kesehatan reproduksi itu penting banget lho! Apalagi buat kamu yang lagi mer...