Masa sih, Olahraga Bisa Ubah Siklus Menstruasi?!
ask dr laurier

Masa sih, Olahraga Bisa Ubah Siklus Menstruasi?!

Masa sih, Olahraga Bisa Ubah Siklus Menstruasi?!

09 Sep 2019

Masa sih, Olahraga Bisa Ubah Siklus Menstruasi?!

Kamu pasti udah paham banget kan, kalau olahraga adalah aktivitas yang disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh? Tapi kamu tau nggak sih, ternyata kalau olahraga dilakukan secara intens dalam jangka panjang malah bisa mengganggu kesehatanmu lho! Kondisi ini sering banget dialami sama para atlet perempuan, dan dikenal sebagai tiga gangguan utama yaitu gangguan pola makan, osteoporosis, dan gangguan siklus menstruasi.

Gangguan siklus menstruasi yang terjadi karena olahraga berlebihan ini disebut sebagai amenorrhea sekunder. Kondisi ini terjadi karena ovarium nggak menghasilkan estrogen yang cukup, serta penyebabnya adalah kurangnya ketersediaan lemak tubuh dan stres. Kalau kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya langsung atasi dengan melakukan tiga cara berikut ini:

  • Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi seimbang
  • Kurangi waktu berolahraga
  • Berkonsultasi dengan dokter obgyn

Kalau kondisimu nggak langsung membaik setelah melakukan pengaturan pola makan dan olahraga, biasanya dokter akan memberikan terapi hormonal dengan pil kontrasepsi. Cara ini nggak cuma bisa menyeimbangkan kadar hormon dan mengatur siklus menstruasimu secara teratur aja, tapi juga membantu tulangmu tetap kuat, sehingga mencegah osteoporosis.

Nah, supaya kamu bisa mencegah terjadinya amenorrhea sekunder, coba perhatikan beberapa hal ini yuk!

  • Jangan melakukan olahraga intens secara drastis, sebaiknya tingkatkan intensitas olahraga secara bertahap
  • Pelajari teknik relaksasi untuk mengurangi stres tubuh
  • Selalu cek siklus menstruasimu kalau lagi melakukan olahraga intens, supaya kamu bisa langsung tau pas terjadi gangguan siklus

Olahraga memang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuhmu, Girls. Tapi, pastikan kamu nggak melakukannya secara berlebihan sampai mengganggu kesehatan reproduksimu ya!

Share artikel ini ke teman-temanmu yang lain yuk, biar mereka juga tau tentang info ini!

Related Articles
Adulthood
25 Jul 2019

Yuk, Rawat Kulitmu Saat Menstruasi!

Girls, kulit adalah organ tubuh yang paling luas dan nggak luput dari pengaruh hormon saat menstruas...
Adulthood
14 Jun 2019

Cara Melancarkan Haid yang Paling Ampuh!

Haid yang terlambat pasti bakalan bikin cemas, iya nggak sih, Girls? Apalagi kalau kamu nggak haid s...
Adulthood
04 May 2019

Kenapa ya, Siklus Menstruasiku Jadi Memendek?

Fyi nih Girls, kalau kamu umurnya udah lebih dari 20 tahun, maka siklus menstruasimu punya pola beru...