Manfaatkan Menstruasi untuk Berhenti Merokok
ask dr laurier

Manfaatkan Menstruasi untuk Berhenti Merokok

Manfaatkan Menstruasi untuk Berhenti Merokok

07 Aug 2019

Manfaatkan Menstruasi untuk Berhenti Merokok

Girls, kamu pasti tau dong, kalau menstruasi itu selalu bikin badan jadi nggak nyaman? Tapi kamu tau nggak sih, ternyata menstruasi juga punya manfaat buat perempuan lho! Apa ya? Para peneliti dari Fakultas Kedokteran University of Pittsburgh, USA berhasil memastikan bahwa periode menstruasi bisa menjadi kesempatan emas yang dimanfaatkan sama perempuan untuk berhenti merokok.

Kesimpulan ini diambil setelah sekelompok peneliti yang dipimpin oleh DR. Kenneth A Perkins, seorang profesor ahli ilmu jiwa di universitas tersebut, melakukan pengamatan perilaku terhadap 78 perempuan perokok.

Responden penelitian rata-rata berusia 38 tahun, dan mereka udah merokok selama 19 – 20 tahun. Setiap orang responden biasanya mengonsumsi 20 batang rokok per hari, dan setidaknya berusaha minimal tiga kali untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Para responden tercatat ikut serta dalam program dan kelas konseling berhenti merokok, tapi sampai penelitian tersebut dimulai, nggak ada sama sekali responden yang benar-benar berhasil berhenti merokok.

Para peneliti memerhatikan bahwa gejala kecanduan nikotin, seperti depresi, serangan panik, moody, yang dialami seseorang di awal usaha berhenti merokok mirip sama gejala pra-menstruasi atau PMS. Kondisi inilah yang menyebabkan para peneliti mengubah perilaku 41 responden dengan meminta mereka untuk berhenti merokok tepat pada hari pertama menstruasi dan dilanjutkan sampai hari ke-14. Hasilnya, pada hari ke-15 kelompok responden ini berhasil mengurangi kecanduan nikotin mereka, bahkan ada yang selama berhari-hari setelahnya nggak mau merokok lagi.

Sebaliknya, 37 responden yang diprogram untuk memulai usaha berhenti merokok pada hari ke 14 siklus menstruasi mereka, atau saat memasuki masa subur, sampai 14 hari ke depan, malah nggak terlihat mengalami gejala kecanduan nikotin yang mereda.

Nah, sekarang kamu udah tau kan, gimana caranya memanfaatkan menstruasi untuk berhenti merokok? It’s easy to quit, Girls! Let’s do it for the sake of our health!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang masih berusaha untuk berhenti merokok, supaya mereka tau kalau PMS bisa membantunya untuk segera berhenti merokok!

Related Articles
Adulthood
27 Feb 2020

Setelah Keguguran, Kapan ya Kira-Kira Masa Suburku Datang Lagi?

Moms, ketika kamu mengalami keguguran, pasti kamu bertanya-tanya, kapan akan mendapatkan menstruasi ...
Adulthood
01 Sep 2020

Sudahkah Kamu Membersihkan Vagina dengan Benar?

Vagina memang menjadi salah satu bagian tubuh yang perlu banget perhatian ekstra. Setiap hari pasti ...
Adulthood
10 Dec 2019

PMS Berat Buat Teman Tak Mau Mendekat

Girls, ada info penting buat kamu nih! Para ahli ternyata udah memastikan kalau PMS berat yang diala...