Ini Dia Alasan Libido Meningkat Menjelang dan Saat Menstruasi 
ask dr laurier

Ini Dia Alasan Libido Meningkat Menjelang dan Saat Menstruasi 

Ini Dia Alasan Libido Meningkat Menjelang dan Saat Menstruasi 

13 Jul 2021

Ini Dia Alasan Libido Meningkat Menjelang dan Saat Menstruasi 

Kalau mendengar kata Libido, apa yang ada di pikiran kamu? Libido sendiri digambarkan sebagai hasrat/dorongan diri untuk melakukan hubungan seksual. Libido seseorang bisa naik dan juga bisa turun. Libido bukan hanya sekedar sinyal untuk melakukan hubungan seksual aja lho, libido juga berfungsi sebagai cerminan perasaan dan kepercayaan diri seseorang. Libido yang tertahankan, justru membuat organ reproduksi tidak menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Dengan adanya dorongan seksual, tubuh juga bisa memproduksi hormon oksitosin yang memberikan efek bahagia, penurun rasa stres, dan peningkatan mood. 
 

Penyebab Libido Meningkat pada Wanita

  1. Pijatan 
    Pijatan dari lawan jenis ternyata dapat meningkatkan libido lho. Dengan sentuhan dari lawan jenis atau pasangan, otot-otot menjadi lebih rileks dan membuat tubuh menjadi terangsang apabila dilakukan di bagian-bagian sensitif wanita seperti paha, bokong, payudara, perut, dan leher. 

  2. Pesan Nakal 
    Salah satu penyebab gairah seksual menjadi tinggi pada wanita adalah pesan nakal. Dengan mengirimkan pesan atau ucapan nakal, wanita bisa terangsang dan tertantang untuk melakukan hubungan seksual. 

  3. Suasana Remang
    Seorang peneliti yang meneliti hubungan seksual menyebutkan cahaya yang redup dan remang membuat seseorang menjadi rileks pada tubuhnya dan juga pikirannya. Kondisi rileks ini bisa membuat seseorang lebih siap untuk melakukan hubungan seksual. 

  4. Menggenggam Tangan
    Menggenggam tangan pasangan dapat membuat otak memberi sinyal kepada pasangan untuk menciptakan suasana yang lebih romantis. Suasana inilah yang membuat libido meningkat dan terpacu untuk melakukan hubungan seksual. 

  5. Bermain Air 
    Sama halnya dengan poin di atas, dengan bermain air, pasangan dapat menciptakan suasana yang lebih rileks. Gairah seksual juga akan mudah terangsang ketika kamu dan pasanganmu bermain di kamar mandi/bathup. 

  6. Pengaruh Hormon 
    Yang terakhir adalah pengaruh hormon. Secara normal, wanita akan mengalami perubahan hormon setiap bulannya terutama saat memasuki masa ovulasi. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab libido meningkat.  

 

Libido Menjelang dan Saat Menstruasi

Seperti yang dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang menyebabkan libido meningkat dan membuat gairah seksual tinggi, salah satunya pengaruh hormon menjelang menstruasi. Bahkan, beberapa orang masih mengalaminya sampai menstruasi tiba. Jadi sebenarnya kenapa ya? 

Saat ovulasi, terjadi lonjakan hormon estrogen dan progesteron. Hormon inilah yang memiliki andil dalam meningkatnya gairah seksual kamu. Sebelum atau menjelang menstruasi, biasanya kadar hormon estrogen meningkat lebih tinggi dibanding dengan hormon progesteron. Hormon estrogen berfungsi untuk memicu gairah seksual. Sedangkan hormon progesteron memiliki andil untuk meredakan gairah seksual. Perbedaan inilah yang membuat keinginan bercinta semakin besar. 

Kedua hormon tadi juga seringkali menyebabkan retensi air pada tubuh dan membuat beberapa orang merasa mual menjelang ataupun saat menstruasi. Rasa mual ini dapat membuat G-Spot menjadi tertekan. Ketika G-spot tertekan, maka wanita akan merasa lebih sensitif dan mudah terangsang. 

Saat menstruasi, rahim wanita akan mengembang dan menekan ujung saraf bagian panggul. Tekanan ini yang membuat rangsangan pada area vulva dan memicu gairah seksual semakin tinggi. 

Jadi, tidak ada salahnya apabila kamu merasakan gairah seksual yang meningkat sebelum dan saat menstruasi. Justru yang perlu dikhawatirkan ketika kamu tidak memiliki libido. Libido yang tertahan terutama pada wanita dapat menyebabkan infeksi dan perkembangan bakteri yang tidak baik karena tidak terlubrikasinya organ reproduksi. 

 

Cara Meningkatkan Libido pada Wanita

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan libido agar sistem reproduksi dapat berjalan sebagaimana fungsinya. Yang pertama adalah pintar mengelola stres dan cemas. Rasa cemas dan stres berlebih membuat seseorang tidak fokus dan sulit untuk terangsang. 

Berikutnya adalah dengan meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan. Kamu bisa meningkatkannya dengan kedekatan emosional, sentuhan, pesan romantis, dan juga komunikasi. 

Sebelum bercinta, pastikan kamu dan pasanganmu sudah melakukan sesi yang satu ini. Yap! Foreplay. Foreplay dapat menjadi cara untuk meningkatkan libido pada wanita dan membuat orgasme saat melakukan hubungan seksual. 

Cara meningkatkan libido juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan kaya serat dan makanan afrodisiak atau makanan peningkat libido seperti pisang, alpukat, dan coklat. Hindari merokok untuk memperbaiki gairah seksual kamu juga ya. 

Nah, itu dia informasi mengenai alasan kamu mengalami gairah seksual yang tinggi sebelum dan saat menstruasi. Saat hormon kembali normal yang terjadi di hari menstruasi terakhir, biasanya hasrat untuk melakukan hubungan seksual tidak setinggi sebelumnya, karena bisa jadi kamu menganggap bahwa melakukan hubungan seksual saat menstruasi tidak akan menghasilkan pembuahan. Sehingga kamu lebih santai dan memiliki gairah seksual yang menggebu-gebu. 

 

Saat memasuki masa menstruasi, ada hal lain yang perlu kamu perhatikan selain berhubungan seksual lho. Betul sekali! Pemilihan pembalut yang dapat membuat kamu terasa nyaman saat memakainya. Adapun rekomendasi pembalut yang bikin kamu nyaman saat menstruasi. 

Laurier Active Day Extra

Pembalut ini cocok banget dipakai saat darah menstruasi lagi deras-derasnya. Dengan daya serap yang dapat mengunci darah menstruasi seketika, pembalut ini dapat dipakai untuk berolahraga dan melakukan aktivitas lainnya. 

Laurier Relax Night 

Sesuai dengan namanya, pembalut ini dapat membuat kamu nyaman saat malam hari. Memiliki perlindungan bebas bocor sampai 10 jam karena dilengkapi penyerap instan yang mampu menyerap cairan dan gumpalan dengan maksimal. Adanya sayap pada pembalut ini juga melindungi pembalut bergeser sehingga tidak perlu khawatir mengalami bocor di malam hari. 

Laurier Relax Night Celana Menstruasi 

Yang terakhir adalah Laurier Relax Night Celana Menstruasi. Berbentuk seperti celana, pembalut ini memiliki 5x daya serap dari pembalut malam. Cocok banget untuk kamu yang suka tidur dengan posisi yang berubah-ubah. Gak perlu khawatir bocor, pembalut ini memiliki proteksi 360 derajat sampai ke pinggul lho. Selain itu, pembalut ini juga tersedia beberapa ukuran yang dapat mengikuti bentuk tubuh. Pembalut ini juga lembut dan setipis celana dalam katun yang bisa membuat kamu nyaman beraktivitas seharian maupun saat tidur semalaman. 

 

Related Articles
Adulthood
08 Oct 2019

Pap Smear Punya Teman Baru!

Kalau selama ini pap smear dipandang sebagai cara paling ampuh mendeteksi kanker serviks, maka para ...
Adulthood
26 Jan 2022

Benar Gak Sih Malam Pertama Selalu Berdarah?

Bagi pasangan yang baru menikah, malam pertama emang bikin deg-degan. Apalagi kalau kamu sering deng...
Adulthood
05 Dec 2019

Penyebab Menorrhagia Itu Apa sih?

Di antara kamu pasti ada yang punya masalah pas menstruasi, seperti telat menstruasi, darah yang kel...