Lawan Kram Menstruasimu!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Lawan Kram Menstruasimu!

Lawan Kram Menstruasimu!

26 Aug 2019

Lawan Kram Menstruasimu!

Kamu tau nggak, Girls, data WHO menyatakan kalau ¾ perempuan ternyata mengalami kram saat menstruasi lho! Kondisi yang dikenal sebagai dysmenorrhea primer ini dipicu oleh kontraksi otot rahim saat mengeluarkan darah menstruasi. Selain obat pereda kram menstruasi dan kompresan panas, para ahli kesehatan dari Maryland University, USA juga menganjurkan untuk memperbaiki pola makan seperti di bawah ini, supaya kram menstruasimu bisa diatasi.

  • Makanan mengandung kalsium

Para ahli menyarankan supaya pas menjelang menstruasi, perempuan mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung kalsium, seperti almond, kale, brokoli, oat, bayam, kacang-kacangan, yoghurt dan susu. Kandungan kalsium alami dalam makanan tersebut diketahui bisa meredakan kram menstruasimu. Kalau kamu memilih mengonsumsi suplemen, pastikan nggak melebihi batas konsumsi harian yang diharuskan, yaitu sebanyak 1.000 mg untuk orang dewasa.

  • Minyak ikan antiinflamasi

Salah satu manfaat utama minyak ikan adalah meredakan pembengkakan. Kandungan antiinflamasi di dalam minyak ikan bisa mencegah terjadinya kram pas menstruasi. Makanya, mengonsumsi minyak ikan pas menstruasi sangat disarankan, tapi sebaiknya kamu berkonsultasi dulu dengan dokter karena belum ada saran batas konsumsi minyak ikan untuk tujuan ini.

  • Magnesium meredakan kram

Sejak tahun 2001, para ahli udah memastikan kalau suplemen magnesium bisa membantu meredakan kram perut saat menstruasi. Tapi kamu perlu berhati-hati, karena konsumsi magnesium terlalu banyak bisa menyebabkan diare dan tekanan darah rendah. Sebaiknya kamu jangan mengonsumsi suplemen ini, tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Selain tiga saran di atas, para ahli juga memberikan saran lainnya untuk mengubah pola makan dan minummu pas lagi menstruasi, yaitu pakai minyak zaitun saat menggoreng makanan, kurangi konsumsi kafein, jangan konsumsi minuman bersoda dan alkohol, serta minum air minimal delapan gelas per hari. Pengaturan makan dan minum ini dijamin bisa membantu melawan kram menstruasi, dan membuat hari-harimu jadi lebih happy!

Eits, tapi nggak cuma itu aja, Girls! Selain mengatur pola makan dan minum, kamu juga bisa berolahraga setiap hari untuk mengatasi kram menstruasi. Kalau kamu rajin berolahraga, otot tubuhmu jadi lentur dan nggak gampang kram. Berikut ini ada tiga gerakan sederhana yang bisa kamu lakukan supaya kram menstruasimu berkurang:

  • Gerakan 1: Duduk di lantai, luruskan kedua kaki di depan tubuh, lalu berusahalah untuk meraih pergelangan kakimu. Upayakan punggungmu rata, lalu tarik dan lepaskan napas dalam-dalam untuk menggerakkan diafragma. Lakukan sebanyak tiga kali, dan pada hembusan napas yang terakhir, lenturkan tubuh ke arah depan.
  • Gerakan 2: Duduk di lantai, rentangkan kedua kaki, lalu tekuk lutut sampai kedua telapak kaki bertemu. Rapatkan kedua telapak kaki dengan bantuan tangan. Tarik napas dalam-dalam supaya diafragma terangkat, lalu hembuskan napas. Lakukan sebanyak lima hitungan.
  • Gerakan 3: Berbaring terlentang, luruskan kedua kaki, lalu tarik salah satu tungkai kaki ke arah dagu. Tarik lutut dengan tangan sampai rapat. Tahan selama lima hitungan, lalu lepaskan. Lakukan hal yang sama untuk kaki lainnya.

Kamu bisa memilih salah satu dari tiga gerakan di atas, atau kamu juga boleh melakukan ketiganya. Gerakan ringan ini bisa meredakan ketegangan otot perut, sehingga meredakan nyeri yang kamu rasakan saat menstruasi. Tapi kalau nyeri masih kamu rasakan dan mengganggu, atau justru nyeri terjadi tiba-tiba dan ada perubahan menstruasi, sebaiknya langsung bilang pada mama untuk menemanimu ke dokter ya, Girls!

Yuk, mulai sekarang ubah pola makanmu dan lakukan gerakan-gerakan ringan seperti di atas supaya kram menstruasimu bisa teratasi! Ingat ya, selalu jaga kesehatanmu supaya kamu tetap bisa beraktivitas dengan nyaman selama menstruasi!

Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka tau cara mengatasi kram menstruasinya!

Related Articles

Adulthood
30 Oct 2019

Pakai Pantyliner Tiap Hari, Boleh kok!

Kamu pernah dengar kabar kalau pantyliner nggak boleh dipakai setiap hari karena akan menyebabkan ga...
Adulthood
29 Jun 2019

Hati-hati! Menstruasi Dini Ternyata Bisa Berisiko Stroke!

Girls, kamu tau nggak, kalau perempuan yang mengalami menstruasi pertama di usia 13 tahun atau lebih...
Adulthood
30 Jun 2019

Kata Siapa, Kista Rahim Bisa Menyebabkan Keguguran?

Girls, kamu pernah dengar nggak kalau kista rahim itu bisa menyebabkan keguguran? Ternyata selama in...