Lakukan Stretching Biar Bebas Stres Pas Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Lakukan Stretching Biar Bebas Stres Pas Menstruasi

Lakukan Stretching Biar Bebas Stres Pas Menstruasi

09 Jul 2019

Lakukan Stretching Biar Bebas Stres Pas Menstruasi

Girls, kamu tau nggak sih, kalau lagi menstruasi biasanya otot-otot dalam tubuhmu bakal terasa tegang. Nah, ketegangan yang terjadi pada otot ini bisa menyebabkan tubuhmu mengalami stres, dan bikin kamu jadi makin nggak nyaman selama menstruasi.

Cara untuk mengatasi ketegangan tubuh ini adalah dengan melakukan stretching. Nggak cuma untuk otot perut dan tubuh bagian bawah aja, tapi kamu juga bisa melakukannya untuk seluruh otot tubuh. Tapi sebelum kamu melakukan stretching, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  • Kenakan pakaian yang nyaman, jangan terlalu ketat
  • Lakukan stretching di tempat yang tenang supaya bisa berkonsentrasi
  • Stretching bisa dilakukan sambil duduk atau berbaring terlentang
  • Kalau ada bagian tubuh tertentu yang terasa sakit pas direnggangkan, sebaiknya jangan diteruskan, dan lanjutkan stretching di bagian tubuh yang lain
  • Lakukan gerakan stretching sebanyak lima kali pengulangan untuk satu bagian tubuh, dengan masing-masing gerakan ditahan sebanyak lima hitungan

Terus gimana caranya melakukan gerakan stretching yang benar? So, this is it!

  • Wajah: Gerakan otot wajah untuk menarik kedua alis sampai berdekatan, tahan lalu lepaskan
  • Leher: Tekuk leher ke arah dada perlahan sampai dagu menyentuh dada, tahan lalu balikan kepala ke posisi semula.
  • Dada: Tarik napas perlahan dan dalam sampai diafragma terasa bergerak. Tahan, lalu hembuskan napas perlahan sampai perut mengempis.
  • Lengan: Rentangkan tangan lurus ke atas kepala, tahan lalu lepaskan.
  • Kaki: Rentangkan kaki lurus, tekuk pergelangan kaki ke arah tubuh, tahan lalu lepaskan.
  • Pergelangan tangan: Rentangkan tangan jauh-jauh ke depan tubuh. Posisikan telapak tangan seperti mendorong sesuatu dengan jari-jari terbuka lebar. Tahan, lalu lepaskan.

Kalau semua gerakan udah selesai dilakukan, kamu bisa berbaring tenang sebentar sambil menutup mata. Setelah beberapa saat, kamu pasti bakal merasa lebih segar dan siap beraktivitas lagi deh! Jangan lupa kamu coba lakukan di rumah ya, Girls!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu, supaya mereka bisa menghilangkan stresnya pas lagi menstruasi!

Related Articles

Adulthood
17 Aug 2021

Siklus Menstruasi Berubah Karena Perubahan Hormon?

Bukan hal aneh jika setiap bulan wanita yang sudah matang reproduksinya akan mengalami menstruasi. M...
Adulthood
16 Oct 2019

Menstruasi Nggak Bikin Rugi

Pas lagi menstruasi, biasanya perempuan mengaku mengalami gangguan berpikir, seperti gampang lupa da...
Adulthood
03 Jul 2019

Tips Simple Biar Tidur Nyenyak Pas Menstruasi

Kalau lagi menstruasi, pasti tidur malammu jadi nggak nyenyak kan, Girls? Kok bisa ya? Hal ini diseb...