ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Lakukan 3 Tips Ini Supaya Siklus Menstruasimu Teratur!

Lakukan 3 Tips Ini Supaya Siklus Menstruasimu Teratur!

14 Jun 2019

Lakukan 3 Tips Ini Supaya Siklus Menstruasimu Teratur!

Girls, kamu harus tau nih, kalau siklus menstruasimu nggak teratur di usia remaja itu wajar banget lho, karena tubuhmu masih mengalami proses pertumbuhan. Siklus menstruasi diatur oleh keseimbangan kadar hormon, sementara di masa pertumbuhan, sistem reproduksimu belum bisa menghasilkan kadar hormon yang seimbang. So, wajar aja kalau siklus menstruasimu belum teratur.

Walaupun begitu, kamu bisa mulai membantu tubuhmu untuk mengatur siklus menstruasi, dan cara ini juga nggak perlu obat-obatan, lho. Apa aja, ya?

  • Asupan nutrisi

Hal yang paling penting biar siklus menstruasimu teratur adalah memastikan keseimbangan kadar hormon tubuh. Makanan adalah unsur yang penting nih, Girls! Mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya vitamin dan mineral, bebas dari pengawet dan pemanis buatan, berserat tinggi, pastinya bakal bermanfaat banget untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan tubuhmu. Nggak cuma itu aja, kamu juga harus minum air yang banyak, menghindari minuman berkarbonasi dan kafein.

  • Aktivitas fisik

Para ahli juga menyarankan supaya setiap remaja perempuan berolahraga secara teratur. Saat tubuh bergerak, maka sistem endokrin bakal terangsang untuk memproduksi hormon, jadi lama kelamaan hormon dalam tubuhmu bakal seimbang. Sangat disarankan untuk melakukan olahraga senggaknya tiga kali seminggu selama 30 menit. Nggak perlu berlebihan kok, karena aktivitas fisik yang berlebihan justru bakal bikin hormonmu jadi nggak seimbang dan mengganggu siklus menstruasi.

  • Istirahat cukup

Di usia remaja, kamu seharusnya mencukupi waktu tidur malam selama 8 jam. Tidur malam yang cukup bakal membuat sistem endokrin memproduksi hormon yang banyak. Jadi, kadar hormon tubuhmu bakalan seimbang.

Yuk, mulai sekarang coba lakukan tiga tips ini ya, Girls! Nggak cuma siklus menstruasimu aja yang bakalan teratur dan lancar, tapi tubuhmu juga jadi sehat, karena pertumbuhanmu berlangsung dengan baik. Don’t forget to stay healthy, Girls!

Dari ketiga tips di atas, mana yang paling sering kamu lakukan? Ceritain di kolom komentar, yuk! Jangan lupa juga share info ini ke teman-temanmu ya, supaya siklus menstruasinya jadi teratur!

Related Articles

Adulthood
25 Jan 2023

Bisakah Alat Kontrasepsi Bantu Mengatur Siklus Menstruasi?

Alat kontrasepsi adalah alat medis yang diciptakan untuk mencegah kehamilan. Beberapa di antara meto...
Adulthood
17 Jan 2020

Mulai Usia Berapa sih, Boleh Pap Smear?

Girls, udah tau kan pap smear itu apa? Yups, pap smear adalah pemeriksaan untuk meliihat adanya sel ...
Adulthood
24 Jul 2019

Kapan sih, Gejala PMS Datang?

Moody dan sensitif udah kamu rasakan, padahal jadwal menstruasi masih lama. Kamu pernah mengalaminya...