ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kram Menstruasi Itu Wajar Nggak sih?

Kram Menstruasi Itu Wajar Nggak sih?

Author: Tim Edukasi Laurier

26 Aug 2019

Kram Menstruasi Itu Wajar Nggak sih?

Sebagian besar cewek pasti pernah merasakan nyeri perut yang berhubungan sama menstruasi. Tapi, biasanya nyeri yang dirasakan itu berbeda-beda. Ada yang bisa tetap beraktivitas seperti biasa, tapi ada juga yang merasa sangat kesakitan sampai nggak bisa turun dari tempat tidur. Kamu termasuk yang mana nih, Girls?

Nyeri yang kamu rasakan tersebut, sebenarnya bagian dari proses menstruasi lho. Beberapa saat menjelang menstruasi, otot perutmu bakal berkontraksi sangat intens untuk mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Proses ini memicu ketegangan otot atau kram yang membuatmu merasa nyeri. Kondisi ini masih termasuk normal, dan disebut sebagai dysmenorrhea. Biasanya nyeri dirasakan pada perut atau punggung bagian bawah.

Tingkatan nyeri yang dirasakan setiap cewek itu beda-beda. Hal ini disebabkan karena ketegangan yang dialami otot perut juga berbda. Sekalipun termasuk sebagai kondisi yang wajar, tapi kalau nyeri atau kram sampai mengganggu aktivitasmu sehari-hari, seperti terpaksa nggak masuk sekolah atau nggak ikut kegiatan ekskul, ini pertanda terjadi sesuatu yang lebih serius, Girls. Sebaiknya langsung bilang pada mama, dan minta ditemani ke dokter supaya kamu bisa tau lebih jelas tentang kondisimu.

Kram atau nyeri menstruasi ini bakal kamu alami secara berulang, setiap kali menstruasi. Makanya, sebelum terjadi atau pas menjelang menstruasi sebaiknya kamu lakukan beberapa cara berikut, supaya bisa mengatasinya. Apa aja ya?

  • Kurangi asupan kafein, minuman berkarbonasi, dan garam
  • Jangan mengonsumsi alkohol dan merokok
  • Cukup beristirahat
  • Rutin berolahraga

Tapi, kalau udah terlanjur merasa kram atau nyeri gimana dong? Tenang aja, Girls! Kamu bisa meredakannya dengan tips simple di bawah ini:

  • Kompres bagian yang terasa nyeri dengan air hangat
  • Konsumsi obat pereda nyeri yang dibuat khusus untuk meredakan nyeri menstruasi
  • Relaksasi dan pijat

Nah, sekarang kamu jadi tau kan, gimana caranya mengatasi kram sebelum terjadi, dan meredakannya kalau udah terlanjur mengalaminya. Gampang banget kan, Girls? Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatanmu supaya kamu bisa beraktivitas dengan nyaman selama menstruasi!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka juga bisa tau tentang info ini!

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
29 Jun 2019

Keputihan Itu Normal Apa Nggak, sih?

Girls, mungkin kamu masih bingung kalau ngebahas tentang keputihan. Kadang pasti kamu mikir, kira-ki...
Author: Tim Edukasi Laurier
16 Sep 2019

Aromaterapi Bikin Menstruasi Jadi Happy!

Girls, ternyata dari berabad-abad lalu, praktek kesehatan yang dilakukan sama bangsa Tionghoa, Mesir...
Author: Tim Edukasi Laurier
03 Oct 2019

Stres Bisa Pengaruhi Kesuburan

Kiani Taylor, Ph.D dan teman-temannya, para ahli epidemiologi Ilmu Kesehatan dan Informasi dari Emor...