Kok, Perutku Terasa Kembung ya?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kok, Perutku Terasa Kembung ya?

Kok, Perutku Terasa Kembung ya?

24 Jun 2019

Kok, Perutku Terasa Kembung ya?

Girls, saat menjelang dan selama menstruasi, kamu sering merasa masuk angin nggak? Ternyata sensasi masuk angin dengan gejala nggak enak dan kembung adalah salah satu keluhan yang biasa dirasakan pas menjelang atau lagi menstruasi. Istilah dalam bahasa Inggrisnya adalah bloating.

Rasanya seperti ada banyak angin di dalam rongga perut dan bikin kamu jadi nggak nyaman, mual plus males makan, karena perut berasa penuh. Iya kan? Kondisi ini disebabkan karena pengumpulan cairan di dalam rongga perut, akibat naik turunnya hormon-hormon reproduksi. Tapi tenang aja, kamu bisa kok, mencegah supaya kembung nggak terjadi dengan melakukan tips berikut:

  • Kurangi makanan manis

Biasanya menjelang menstruasi pasti kamu pengen banget mengemil makanan yang manis-manis. Nah, sebaiknya kebiasaan ini dikurangi ya, Girls, supaya nggak memicu reaksi dari hormon reproduksi.

  • Konsumsi makanan bernutrisi

Pilihlah sayuran hijau, seperti brokoli, bayam atau selada; dan jenis karbohidrat kompleks seperti gandum atau beras merah. Karena makanan ini bisa membantumu mengatasi kembung. Selain itu, jangan makan tiga kali dalam porsi besar, tetapi sebaiknya makan beberapa kali dalam porsi kecil, supaya kadar gula darahmu lebih terjaga.

  • Jangan konsumsi kedelai

Kedelai mengandung estrogen yang bisa membuat kembung menjadi semakin parah. Hal ini karena tambahan estrogen ke dalam tubuh menyebabkan kadar hormon semakin nggak seimbang. Contoh makanan yang mengandung kedelai adalah tempe, tahu dan kecap.

  • Kurangi kafein

Kafein adalah salah satu unsur makanan yang memicu produksi hormon tertentu. Kalau kamu mengonsumsi kafein menjelang menstruasi, maka kondisi ini bakal membuat kadar hormon dalam tubuhmu yang sedang berubah-ubah semakin menjadi nggak seimbang.

  • Banyak minum air

Logikanya, kalau tubuh secara teratur mendapatkan asupan air, maka nggak lagi diperlukan pengumpulan cairan yang banyak di dalam rongga tubuh. Para ahli kesehatan menyarankan supaya setiap cewek mengonsumsi air sebanyak 6 – 8 gelas per hari, sekalipun nggak merasa haus.

  • Kurangi makanan asin

Garam ternyata bisa memicu pengumpulan cairan. Kalau kamu mengurangi konsumsi garam, misalnya nggak terlalu banyak makan snack asin, itu artinya kamu mencegah semakin banyaknya cairan berkumpul di dalam tubuhmu.

Nah, itulah enam cara yang bisa kamu lakukan supaya terbebas dari kembung. Simple, kan? Mulai sekarang, jangan lupa untuk melakukannya seminggu sebelum menstruasi ya, Girls!

Kamu punya cara lain untuk mengatasi kembung pas menstruasi? Tulis di kolom komentar, yuk! Ajak juga teman-temanmu untuk baca artikel ini, supaya mereka bisa mengatasi rasa kembungnya pas menstruasi!

Related Articles

Adulthood
10 Sep 2019

Saat Menstruasi, Mana yang Mitos atau Fakta?

Girls, selama ini pasti kamu sudah banyak mendengar tentang hal-hal mitos atau fakta yang berka...
Adulthood
23 May 2019

Duh…Menstruasi di Hari Pernikahan!

Menstruasi yang datang tepat di hari pernikahan itu mungkin banget terjadi, lho, Girls. Bayangin aja...
Adulthood
29 May 2019

Apa Benar Endometriosis Ada Hubungannya Sama Kecapekan?

Pernah dengar endometriosis? Endometriosis adalah gangguan kesehatan reproduksi akibat adanya jaring...