Kok Menstruasiku Lama Berhentinya?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kok Menstruasiku Lama Berhentinya?

Kok Menstruasiku Lama Berhentinya?

08 Jul 2019

Kok Menstruasiku Lama Berhentinya?

Kamu sering merasa menstruasimu berlangsung lama banget dibanding biasanya, atau lebih lama dibanding yang dialami temanmu? Sebelum kamu beranggapan kayak begitu, sebaiknya kamu harus tau dulu dasarnya nih, Girls.

Data medis menyatakan bahwa menstruasi yang normal berlangsung antara 3 – 10 hari. Rata-rata cewek memang mengalami menstruasi 5 – 7 hari, tapi sebenarnya masih normal kok, kalau menstruasimu berlangsung sampai 10 hari. Kondisimu disebut nggak normal kalau di hari ke 11 menstruasi masih berlangsung. Dalam istilah medis, kondisi ini dikenal sebagai menorrhagia.

Tapi bisa aja di saat tertentu pas masa pertumbuhan, kamu mengalami menstruasi lebih dari 10 hari. Hal ini disebabkan karena kadar hormon reproduksi di dalam tubuhmu belum dihasilkan secara seimbang, jadi belum bisa mengatur menstruasi secara teratur. Seiring proses pertumbuhan dan bertambahnya usia, pasti kondisi ini bakal teratasi kok.

Walaupun kondisi ini termasuk wajar dialami sama cewek seusiamu, tapi jangan sampai dibiarkan kalau menstruasi berlangsung lebih dari 10 hari selama dua siklus berturut-turut. Kondisi ini takutnya bisa memicu anemia, karena tubuh kehilangan cukup banyak darah.

Kalau selama dua siklus menstruasi berturut-turut kamu mengalami menorrhagia, maka sangat disarankan untuk segera memeriksakan kondisi kesehatanmu ke dokter. Biasanya dokter bakal memberikan multivitamin untuk menjaga stamina tubuhmu tetap baik.

Kamu bisa menjaga siklus menstruasimu tetap teratur dengan cara mencukupi kebutuhan nutrisimu, rajin berolahraga, istirahat yang cukup, dan menghindari stres. So, healthy is number one, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka juga tau tentang info ini!

Related Articles

Adulthood
28 Mar 2019

Mempersiapkan Pap Smear

Sekalipun bukan lagi satu-satunya tes untuk memastikan kondisi kesehatan serviks, tetapi pap smear a...
Adulthood
04 Sep 2019

Bakteri Baik di Vagina

Para peneliti dari University of North Carolina (UNC) menemukan fakta yang mengejutkan sekaligus men...
Adulthood
03 Oct 2019

Aplikasi Canggih Pemantau Masa Subur

Kamu pasti tau tentang masa subur kan? Yup! Masa subur adalah periode penting dalam siklus reproduks...