Kok, Menstruasiku Cuma Sebentar sih?
ask dr laurier

Kok, Menstruasiku Cuma Sebentar sih?

Kok, Menstruasiku Cuma Sebentar sih?

11 Oct 2019

Kok, Menstruasiku Cuma Sebentar sih?

Bagi kebanyakan cewek, setiap kali mengalami menstruasi adalah periode yang menantang. Kamu salah satunya bukan, Girls? Bisa jadi karena PMS berat yang dialami, atau justru merasa cemas karena menstruasi berlangsung sangat cepat.

Biasanya beberapa cewek bakal merasa senang kalau menstruasinya berlangsung sangat cepat. Betul nggak, Girls? Karena kamu nggak perlu berlama-lama ribet mengganti pembalut atau merasa nggak nyaman pas beraktivitas. Iya kan? Tapi, ternyata menstruasi yang terlalu pendek itu perlu diwaspadai lho! Karena bisa aja itu sebagai pertanda dari gangguan kesehatan pada tubuhmu, Girls.

Nah, supaya kamu nggak bingung membedakan mana menstruasi pendek yang normal dan nggak normal, berikut ini ada dua ciri-ciri menstruasi pendek yang normal:

  • Nggak kurang dari 3 hari. Kondisi menstruasi yang “normal” bagi setiap cewek itu berbeda-beda. Secara medis, menstruasi yang normal berlangsung antara 3 – 10 hari, sekalipun rata-rata cewek mengalaminya antara 5 – 7 hari.
  • Berulang secara teratur. Walaupun menstruasi cuma berlangsung 3 hari, tapi kalau berulang secara teratur dari satu menstruasi ke menstruasi lain secara tetap, maka kondisi ini masih termasuk normal.

Setiap kali indung telur bersiap-siap melepaskan sel telur matang, pada saat yang bersamaan hormon estrogen membentuk lapisan dalam dinding rahim. Lapisan ini harus cukup tebal, karena dibutuhkan sebagai tempat menempel sel telur kalau dibuahi. Tapi kalau sel telur nggak dibuahi, maka lapisan dalam dinding rahim itu perlu dibersihkan. Nah, inilah yang akan kamu lihat sebagai darah menstruasi, Girls.

Saat usia remaja, hormon estrogen dalam tubuhmu biasanya nggak cukup banyak karena kamu masih dalam proses pertumbuhan. Makanya, dinding dalam rahim yang terbentuk juga nggak akan terlalu tebal. Sehingga saat harus diluruhkan, nggak terlalu banyak yang perlu dibersihkan, makanya proses menstruasimu bisa berlangsung cepat.

So, mulai sekarang kamu nggak perlu cemas ya, Girls! Kondisi ini wajar banget kamu alami, asalkan nggak kurang dari 3 hari dan berlangsung secara berulang. Kamu cukup memenuhi kebutuhan nutrisimu, istirahat yang cukup, rajin olahraga, dan hindari stres supaya siklus menstruasimu tetap teratur. Keep healthy, Girls!

Yuk, share info ini ke group chat teman-teman cewekmu, supaya mereka nggak panik lagi kalau menstruasinya cepat selesai!

Related Articles
Adulthood
18 Oct 2019

PMS atau PMDD?

Girls, kamu tau nggak, apa bedanya PMS dan PMDD? Kalau PMS pasti kamu udah paham banget kan? PMS (Pr...
Adulthood
09 Aug 2019

Darah Menstruasiku Kok, Sedikit Banget?

Girls, kamu pernah nggak sih, pas lagi menstruasi darah yang keluar jumlahnya sedikit dan waktu mens...
Adulthood
10 Dec 2019

PMS Berat Buat Teman Tak Mau Mendekat

Girls, ada info penting buat kamu nih! Para ahli ternyata udah memastikan kalau PMS berat yang diala...