Kok, Darah Menstruasiku Berhenti Pas Lagi Tidur dan Mandi?
ask dr laurier

Kok, Darah Menstruasiku Berhenti Pas Lagi Tidur dan Mandi?

Kok, Darah Menstruasiku Berhenti Pas Lagi Tidur dan Mandi?

15 Jul 2019

Kok, Darah Menstruasiku Berhenti Pas Lagi Tidur dan Mandi?

Salah satu hal yang sering banget dipertanyakan sama cewek pas menstruasi adalah, “Kenapa pas bangun pagi, nggak banyak darah menstruasi yang ada di pembalut?” Benar nggak nih, Girls? Tapi nggak cuma itu aja, ternyata pas lagi mandi juga nggak ada lho, darah menstruasi yang tiba-tiba mengalir. Kenapa ya? Apa jangan-jangan aliran darah menstruasi berhenti pas lagi tidur dan mandi? Hmm…..ini wajar nggak sih?

Peristiwa ini bukan hal yang aneh kok, Girls. Biasanya cewek bakal mengalaminya saat nggak banyak darah menstruasi yang keluar. Bukan karena nggak banyak darah yang harus dikeluarkan jadi menstruasi nggak terdorong keluar, tapi ini berhubungan sama hukum gravitasi.

Jadi begini, Girls, saat kamu lagi tidur, pas tubuh dalam posisi horizontal karena berbaring, maka darah menstruasi cenderung tertahan di dalam tubuh. Hal ini karena posisi berbaring menyebabkan saluran reproduksi datar dan darah nggak kena dampak daya gravitasi. Beda sama siang hari, pas saluran reproduksi tegak lurus seperti saat kamu berdiri atau duduk. Inilah yang menyebabkan pada malam hari nggak terlalu banyak darah yang keluar. Tapi pas kamu udah bangun, dan posisi tubuh kembali tegak, maka menstruasi pasti bakal lancar lagi karena daya gravitasi membantu darah mengalir ke luar dari tubuh.

Nah, kalau pas mandi, sebenarnya darah menstruasimu tetap mengalir lho, Girls. Tapi, karena volume darah menstruasi yang keluar relatif nggak sebanyak air yang kamu pakai saat mandi, maka nggak terlalu terlihat jelas. Supaya bisa memastikannya, coba aja lihat pas kamu lagi mengeringkan area genital sehabis mandi, pasti kamu bakal menemukan bercak darah.

Jadi, sebenarnya aliran darah menstruasi itu sama sekali nggak berhenti pas kamu lagi tidur dan mandi ya, Girls. So, kamu harus tetap pakai pembalut saat tidur dan langsung pakai kembali sehabis mandi, supaya darah menstruasimu nggak menodai kasur atau celana dalammu.

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman cewekmu ya, biar mereka juga bisa baca tentang info ini!

Related Articles
Adulthood
03 Dec 2019

Jangan Temenan Sama Skinny Jeans!

Model skinny jeans yang ketat menempel di kulit memang bikin kakimu jadi terlihat lebih ramping, Gir...
Adulthood
21 Oct 2019

Pembalut Bisa Memicu Kanker Serviks?

Girls, kamu pernah dengar tentang kabar yang bilang kalau pembalut itu mengandung bahan-bahan terten...
Adulthood
10 Oct 2019

Heavy Flow atau Menorrhagia?

Sepanjang siklus menstruasi, bisa jadi ada waktu di mana kamu bakal mengalami perdarahan menstruasi ...