ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kok Bisa sih, Hormonku Nggak Stabil?

Kok Bisa sih, Hormonku Nggak Stabil?

19 Sep 2019

Kok Bisa sih, Hormonku Nggak Stabil?

Kamu pasti tau kan, kalau di usia matang, seharusnya siklus menstruasimu udah berlangsung teratur? Makanya, biasanya kamu udah bisa memprediksi kapan menstruasimu akan datang. Hmm….tapi hal ini kadang bikin kamu jadi panik dan kebingungan kalau tiba-tiba hitungannya meleset, atau menstruasimu tertunda satu sampai dua siklus. Iya kan, Girls?

Sebenarnya, selain disebabkan karena kehamilan, penundaan menstruasi juga bisa dipicu sama hormon yang nggak stabil. Kondisi ini menyebabkan tubuhmu mengalami hal-hal berikut, yang nantinya bakal menghambat menstruasimu:

  • Nggak terjadi ovulasi
  • Terlalu banyak prolactin yang diproduksi otak. Fungsi utama prolactin adalah merangsang produksi ASI. Produksi prolactin yang tinggi di luar masa menyusui, bisa mengganggu menstruasimu.
  • Gangguan tiroid
  • Gangguan pola makan
  • Olahraga berlebihan

Nah, kondisi ini bisa kamu atasi dengan melakukan dua cara di bawah ini:

  • Terapi hormonal: mengonsumsi obat-obatan yang mengandung hormon
  • Penyesuaian pola hidup: pengaturan pola makan, istirahat dan aktivitas fisik

Tapi, kamu juga perlu tau apa yang memicu kadar hormonmu jadi nggak seimbang, Girls. Makanya, setelah kamu mengalami penundaan menstruasi, sebaiknya kamu langsung memeriksakan diri ke dokter Obgyn. Dokter biasanya akan memberikan beberapa jenis obat-obatan yang mengandung hormon untuk membuat kondisimu jadi stabil lagi. Setelah mengamati reaksi obatnya, baru deh, bakal dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. So, jangan pernah anggap sepele kalau tiba-tiba menstruasimu tertunda ya, Girls! Mulai sekarang kamu juga harus lebih peka sama kondisimu, supaya tubuhmu tetap sehat dan nggak kena penyakit apapun!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu, supaya mereka juga tau info penting ini!

Related Articles

Adulthood
29 Jun 2021

Vagina Kamu Sering Gatal? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Pernah gak kamu merasa gatal di vagina saat sedang menstruasi? Duh, rasanya pasti gak nyaman banget ...
Adulthood
08 Aug 2019

Cari Tau Tentang Oligomenorrhea yuk!

Siklus menstruasi yang nggak teratur pasti bikin kamu nggak nyaman, benar nggak, Girls? Apalagi kala...
Adulthood
02 Oct 2019

Jadi Pelupa Menjelang Menstruasi, Kenapa ya?

Nggak bisa menemukan kunci yang baru aja kamu taruh? Atau bingung untuk memulai aktivitas? Hmm&helli...