Kok, Ada Bercak Cokelat?
ask dr laurier

Kok, Ada Bercak Cokelat?

Kok, Ada Bercak Cokelat?

18 Jul 2019

Kok, Ada Bercak Cokelat?

Girls, kamu pernah nggak sih, melihat bercak kecokelatan keluar, padahal udah beberapa hari selesai menstruasi? Kamu pasti mikir, kok, bisa? Tenang, Girls, ada penjelasannya kok.

Saat darah menstruasi keluar melalui saluran vagina, terkadang ada sel darah yang menempel di dinding saluran vagina. Nah, pada fase pembersihan atau pas menstruasi selesai, sel darah yang menempel tadi bakal didorong keluar oleh cairan vagina. Itulah yang terlihat seperti flek-flek kecoklatan. Perubahan warna sel darah dari merah segar menjadi kecokelatan tersebut dikarenakan sel darah udah nggak segar lagi. Jadi, sebenarnya hal itu sangat normal kok, Girls!

Supaya proses pembersihan ini nggak bikin pakaian dalammu kotor dari noda dan lembap, sangat disarankan untuk memakai pantyliner selama beberapa hari setelah menstruasi. Tapi, kamu jangan lupa untuk mengganti pantyliner setiap 4 jam sekali ya, dan jangan dipakai pada malam hari, supaya sirkulasi udara ke area organ intimmu tetap baik.

So, sekarang kamu nggak perlu panik lagi ya, kalau melihat bercak cokelat setelah menstruasi. Intinya, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatanmu selama menstruasi supaya siklus menstruasimu tetap teratur!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu, supaya mereka nggak panik melihat bercak cokelat setelah menstruasinya!

Related Articles
Adulthood
17 Aug 2021

Siklus Menstruasi Berubah Karena Perubahan Hormon?

Bukan hal aneh jika setiap bulan wanita yang sudah matang reproduksinya akan mengalami menstruasi. M...
Adulthood
16 Jul 2019

Berani Bilang “Tidak” untuk Kekerasan Seksual!

Girls, kamu harus hati-hati ya, karena berita tentang kekerasan seksual belakangan ini mulai meningk...
Adulthood
14 Jun 2019

Cerita Singkat Tentang Si Estrogen

Udah bukan rahasia lagi, kalau keteraturan siklus menstruasi itu diatur sama keseimbangan berbagai h...