ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Keputihan Itu Normal Apa Nggak, sih?

Keputihan Itu Normal Apa Nggak, sih?

29 Jun 2019

Keputihan Itu Normal Apa Nggak, sih?

Girls, mungkin kamu masih bingung kalau ngebahas tentang keputihan. Kadang pasti kamu mikir, kira-kira keputihan itu termasuk normal nggak, ya? Kamu nggak usah khawatir, sebenarnya keputihan itu normal, kok! Tapi, kalau nggak berhenti gimana?

Nah, sebelumnya kamu harus tau dulu nih, apa itu keputihan? Keputihan adalah proses alamiah yang terjadi pada setiap cewek. Kondisi ini disebabkan karena adanya kuman baik dan kuman jahat yang nggak seimbang di vagina. Keputihan masih tergolong normal kalau cairannya berwarna bening atau putih, nggak terasa gatal, dan nggak berbau. So, selama apa pun kamu mengalami keputihan, asalkan tetap menunjukkan ciri-ciri itu, maka keputihanmu juga tetap normal.

Eits….tapi, kalau keputihanmu nggak menunjukkan ciri-ciri tersebut, berarti kamu harus hati-hati, Girls! Itu tandanya ada penyakit di vaginamu. Ciri-cirinya adalah cairan vagina berwarna kuning atau hijau, bau amis atau busuk, konsistensi seperti nasi basi, dan vagina terasa gatal. Kalau misalnya kamu mengalami semua atau beberapa hal itu berarti keputihanmu termasuk nggak normal. Biasanya ini bisa disebabkan oleh tiga faktor: kelembapan, kebersihan, dan keasaman. Mungkin aja kamu kurang menjaga kebersihan vaginamu dengan baik, sehingga vagina menjadi lembap dan tingkat keasamannya nggak sesuai dengan kadar normal.

Terus gimana, dong? Tenang aja, Girls, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan cara berikut:

  • Pakai undies berbahan katun atau kaus supaya bisa menyerap keringat dan nggak menghambat sirkulasi udara ke kulit di area vaginamu.

  • Rutin ganti pembalut atau pantyliner setiap empat jam sekali, dan sehabis buang air kecil atau BAB. Ingat ya, Girls, kamu nggak perlu pakai pantyliner saat malam hari!

  • Bersihkan dan keringkan area vagina dengan benar, sehabis buang air kecil atau BAB. Jangan lupa bersihkan dari arah depan ke belakang, supaya nggak ada bakteri, virus dan kotoran dari saluran pembuangan yang berpindah area vagina.

  • Gunakan sabun yang ber-pH sesuai dengan vagina (pH 3,5) setiap 2 – 3 kali dalam seminggu.

Gimana? Nggak ribet, kan? Asalkan kamu selalu menjaga kebersihan area vaginamu dengan baik, maka keputihanmu pasti normal. So, mulai sekarang kamu nggak perlu khawatir soal keputihan lagi ya, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu, biar mereka juga lebih paham tentang keputihan!

Related Articles

Adulthood
26 Sep 2019

Trik Ajaib Biar Lolos dari PMS

Gejala pra-menstruasi atau PMS pasti sering banget mengganggu hari-harimu menjelang menstruasi, betu...
Adulthood
14 Dec 2022

Pubertas Dini pada Anak, Apa Ya Penyebabnya?

Anak perempuan yang berusia 8 hingga 13 tahun akan melalui fase pubertas, peralihan dari masa kanak-...
Adulthood
09 Jul 2019

Tips Makan Sehat Supaya Menstruasi Tetap Lancar

Girls, kamu harus tau nih, kalau tubuh yang terlalu kurus ternyata menandakan kurangnya cadangan lem...