ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa ya Payudara Terasa Nyeri Menjelang Menstruasi?

Kenapa ya Payudara Terasa Nyeri Menjelang Menstruasi?

17 Jan 2024

Kenapa ya Payudara Terasa Nyeri Menjelang Menstruasi?

Nyeri payudara yang perlu diwaspadai

Nyeri payudara yang terjadi menjelang menstruasi adalah hal normal dan wajar terjadi, terutama pada remaja. Meski begitu, nyeri payudara yang disertai dengan beberapa gejala lain dapat juga menjadi tanda adanya infeksi atau kondisi medis tertentu. Beberapa gejala yang dimaksud antara lain:

  • Ada benjolan payudara yang baru atau berubah
  • Ada cairan yang keluar dari puting susu, terutama jika cairan tersebut berwarna cokelat atau berdarah
  • Ada benjolan yang hanya timbul pada salah satu payudara
  • Rasa nyeri berlebihan yang mengganggu tidur atau aktivitas sehari-hari
  • Rasa nyeri yang terjadi selama berminggu-minggu
  • Ada tanda-tanda infeksi, seperti payudara terasa hangat atau kemerahan

Jika nyeri payudara saat PMS yang kamu rasakan disertai dengan beberapa gejala di atas, segera lakukan kunjungan ke dokter agar mendapat perawatan dan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Kram Menstruasi Kian Parah Seiring Pertambahan Usia. Kenapa, ya?

Tips mengurangi nyeri payudara saat PMS

Nyeri payudara saat PMS mungkin tidak semenyakitkan nyeri perut yang sampai bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun kalau kamu tidak ingin merasakan lagi kondisi ini pada siklus menstruasi berikutnya, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Kenakan bra yang pas. Banyak perempuan mengenakan bra dengan ukuran yang salah. Akibatnya, mereka lebih mudah merasa lelah. Ketika nyeri payudara terjadi, mengenakan bra dengan ukuran yang tidak tepat ini juga bisa menambah rasa sakit.
  • Kompres. Kompres area payudara yang nyeri dengan air hangat atau es batu (mana pun yang kamu suka), kemudian pijat payudara dengan lembut untuk mengurangi rasa nyeri.
  • Konsumsi obat. Kamu bisa juga mengonsumsi obat nyeri yang dijual bebas di apotek, seperti ibuprofen, untuk mengurangi nyeri payudara jelang menstruasi.
  • Ubah pola makan. Penelitian menunjukkan pola makan yang berlemak tinggi ada hubungannya dengan rasa nyeri di payudara yang terjadi saat PMS. Jadi, kurangilah asupan lemak dalam keseharian kamu. Kurangi juga kafein dan garam selama 1-2 pekan sebelum menstruasi.

Payudara yang terasa nyeri menjelang menstruasi adalah satu kondisi yang tidak bisa dihindari oleh kebanyakan perempuan. Untungnya, kondisi ini bukan suatu hal yang perlu dikhawatirkan selama tidak diikuti gejala lain dan bisa diatasi dengan mengubah pola hidup.

Saat menstruasi, kamu bisa gunakan Laurier Relax Night, pembalut malam yang dilengkapi dengan Fiber Dry Tech sehingga dapat menyerap cairan lebih banyak dan lebih cepat. Laurier Relax Night juga dilengkapi dengan inti penyerap instan yang dapat menyerap cairan dan gumpalan dengan maksimal serta memiliki pelindung belakang yang lebar dengan struktur bebas celah, cegah bocor sampai 10 jam apa pun posisi tidurmu.

Related Articles

Adulthood
18 Jul 2019

Susah BAB Pas Menstruasi? Ini Solusinya!

Girls, ternyata makanan yang tepat dan pola hidup yang baik bisa mengatasi susah BAB pas menstruasi,...
Adulthood
23 Oct 2019

3 Hal Penyebab Iritasi Miss V Makin Parah

Kamu pernah mengalami masalah dengan miss v yang baunya nggak sedap? Wah, kamu harus hati-hati menga...
Adulthood
04 Dec 2019

Bebas Nyeri Menstruasi dengan Minyak Zaitun

Kamu pasti udah tau banget kan, Girls, kalau nyeri menstruasi atau dikenal sebagai primary dysmenorr...