Kenapa Sakit Banget sih?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Sakit Banget sih?

Kenapa Sakit Banget sih?

17 Sep 2019

Kenapa Sakit Banget sih?

Memang udah jadi rahasia umum, kalau nyeri menstruasi adalah keluhan yang biasanya dialami perempuan. Betul kan, Girls? Tapi, ternyata ada sebagian perempuan yang merasakannya sampai menyiksa banget, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Kalau kamu mengalaminya, maka para ahli dari California University, USA bisa kasih penjelasannya setelah berhasil meneliti kondisi ini sejak tahun 2016.

Sebenarnya, para peneliti udah dapat fakta bahwa obat antiinflamasi bisa membantu perempuan mengatasi nyeri saat menstruasi. Bahkan dokter juga selalu meresepkan jenis obat tersebut saat pasien mengeluhkan nyeri yang menyiksa saat menstruasi. Biasanya nyeri bakalan hilang, tapi bisa berulang lagi pas menstruasi berikutnya. Kondisi inilah yang bikin para peneliti merasa perlu mencari jawaban, supaya bisa menghasilkan jenis obat atau langkah perawatan yang lebih efektif mengatasi nyeri menstruasi.

Setelah mengamati 2.939 responden yang secara sukarela terlibat dalam penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa pada perempuan yang mengalami nyeri menstruasi, ditemukan high-sensitivity C-reactive protein (hs-CRP). Semakin tinggi kadar protein itu dalam tubuh, maka semakin hebat nyeri menstruasi dan semakin berat PMS yang dialami, di luar sakit kepala. Berdasarkan laporan penelitian yang telah dirilis oleh Journal of Women's Health, di awal Agustus 2018, jenis PMS yang berhubungan langsung sama peningkatan kadar hs-CRP, adalah mood swing, kram perut, sakit punggung, gangguan selera makan, mengidam, pertambahan berat badan, kembung, dan nyeri payudara.

hs-CRP adalah jenis protein yang diproduksi tubuh kalau terjadi peradangan pada organ tubuh. Saat ini, para peneliti lagi bekerja meramu jenis obat antiinflamasi yang lebih baik untuk mengatasi hal ini. Para peneliti melakukan penelitian lanjutan untuk menemukan organ reproduksi yang meradang hebat saat menstruasi. Untuk sementara waktu, para peneliti menyarankan sebaiknya menjelang menstruasi, perempuan yang mengalami PMS berat dan nyeri menstruasi hebat menghindari perilaku dan pola hidup yang memicu peradangan, supaya gangguan menjelang menstruasi nggak terlalu mengganggu.

Nah, sekarang kamu tau kan, kenapa kamu bisa merasakan nyeri yang parah banget? Supaya kamu nggak terus-terusan mengalami hal ini, sebaiknya selalu jaga kesehatan tubuhmu dengan baik ya! Jangan lupa juga untuk share info ini ke teman-temanmu yang lain. Girls!

Related Articles

Adulthood
23 Sep 2019

Menstruasi Bikin Cewek Jadi Lemot + Pelupa?!

Kamu sadar nggak sih, kalau lagi menstruasi, daya ingatmu jadi turun? Karena rata-rata perempuan mem...
Adulthood
14 Jun 2019

Cerita Singkat Tentang Si Estrogen

Udah bukan rahasia lagi, kalau keteraturan siklus menstruasi itu diatur sama keseimbangan berbagai h...
Adulthood
01 Nov 2019

Kenapa Miss V Bisa Iritasi Saat Menstruasi?

Kamu tau nggak, ternyata 8 dari 10 orang perempuan di Indonesia mengalami iritasi miss V saat menstr...