ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Remaja Menstruasinya Nggak Teratur?

Kenapa Remaja Menstruasinya Nggak Teratur?

21 May 2019

Kenapa Remaja Menstruasinya Nggak Teratur?

            “Kenapa menstruasiku nggak dateng-dateng ya?”, “Padahal dari kemarin perutku udah nyeri terus, tapi kok sampe sekarang mensnya belum keluar?”, “Kok udah dua bulan aku belum mens juga, sih? Aku takut…..”, “Keputihannya keluar banyak banget, apa jangan-jangan ini yang bikin mens aku jadi telat?”, “Mens aku telat lagi…..ini normal nggak ya?”,

            Tenang, Girls! Kalau kondisi ini kamu alami pas usia remaja, artinya umurmu belum lebih dari 20 tahun, maka sebenernya masih termasuk normal, lho. Biasanya, hal ini bakalan teratasi setelah proses pertumbuhan fisik selesai. Saat itu, sistem reproduksi udah bisa menghasilkan hormon reproduksi yang seimbang, jadi siklus menstruasimu bakalan teratur nantinya.

            Hmm….tapi, gimana ya caranya biar tau kalau siklus menstruasi itu teratur atau nggak? Nah, inilah pentingnya buat kamu untuk selalu catat hari pertama setiap kali kamu menstruasi. Tandai tanggal di kalender HP-mu pas hari pertama kamu menstruasi. Tulis juga berapa volume darah menstruasi yang keluar setiap harinya, banyak atau dikit.

            Nah, catatan ini bakalan berguna banget pas kamu lagi konsultasi sama dokter karena hal-hal yang kamu cemaskan. Tunjukkan kalender yang udah kamu tulis dengan catatan tadi, jadi dokter punya data yang lengkap tentang siklus menstruasimu.

            Kalau untuk cairan putih yang keluar dari vagina atau keputihan, sebenernya udah dimulai dari satu tahun atau beberapa tahun sebelum menstruasi. Vagina memproduksi cairan ini dan bakalan terus keluar sampai akhir usia produktif. Jadi, keputihan itu nggak bisa dijadikan patokan sama kamu apakah menstruasimu bakal dateng atau nggak. Tapi, keputihan emang cenderung berubah jadi lebih lengket dan agak lebih banyak pas menjelang menstruasi.

            Kalau kamu merasa nggak nyaman pas keputihanmu jadi lebih banyak, dan pengen supaya celana dalammu nggak lembap, coba aja untuk pake pantyliner setiap hari. Tapi, jangan lupa untuk menggantinya setiap 4 jam, dan nggak perlu kamu pake pas lagi tidur malam.

            Kalau keputihanmu berubah warna jadi kekuningan atau kehijauan, plus ada bau menyengat dan rasa gatal, hati-hati Girls! Ini adalah gejala infeksi. Sebaiknya, kamu segera konsultasi ke dokter kandungan supaya mendapatkan penanganan yang lebih baik.

            Sekarang kamu jadi ngerti kan, kalau masih usia remaja emang wajar siklus menstruasi belum teratur. So, don’t worry Girls!

            Yuk, share artikel ini ke temen-temenmu yang lain, biar mereka juga nggak perlu takut-takut lagi kalau telat menstruasi!

Related Articles

Adulthood
03 Jul 2019

Jangan Sampai Terangsang, Girls!

Girls, pasti kamu tau kan, kalau menjelang menstruasi biasanya kadar hormon dalam tubuhmu bakal beru...
Adulthood
03 Oct 2019

Kedatangan Dua “Tamu” Sekaligus

Kamu dan suamimu lagi merencanakan kehamilan, Girls? Nah, kamu harus tau nih, pasangan suami-istri y...
Adulthood
16 Jul 2019

5 Tahapan PMS yang Mungkin Kamu Alami

“Harusnya menstruasi masih 10 hari lagi, tapi kok, aku mulai mengalami demam, capek, dan moody...