Kenapa Nyeri yang Dirasakan Setiap Cewek Berbeda?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Nyeri yang Dirasakan Setiap Cewek Berbeda?

Kenapa Nyeri yang Dirasakan Setiap Cewek Berbeda?

17 Sep 2019

Kenapa Nyeri yang Dirasakan Setiap Cewek Berbeda?

Nyeri perut adalah hal yang sering dikeluhkan cewek menjelang atau pas hari-hari pertama menstruasi. Benar banget kan, Girls? Tapi, nyeri perut yang dirasakan sama setiap cewek itu ternyata beda-beda lho! Ada cewek yang merasakan nyeri sampai nggak tertahankan, tapi ada juga yang nggak terganggu sama sekali pas merasakannya. Kenapa ya? Perbedaan nyeri yang dirasakan sama setiap cewek ini disebabkan karena beberapa faktor, yaitu:

  • Kekuatan otot perut. Semakin kuat otot perutmu, maka semakin nggak gampang menegang. Jadi, nyeri nggak bakal terasa atau rasa sakitnya nggak terlalu parah.
  • Kadar hormon prostaglandin. Semakin banyak hormon prostaglandin yang diproduksi, berarti semakin meningkat kualitas nyeri. Prostaglandin adalah hormon yang diproduksi oleh dinding rahim untuk memicu kontraksi otot. Kontraksi yang intens dibutuhkan untuk mendorong darah menstruasi keluar dari dalam rahim, dan meluruhkan selaput dalam dinding rahim yang harus dibersihkan.

Kalau nyeri udah terasa mengganggu banget, kamu bisa coba lakukan cara-cara di bawah ini, Girls!

  • Kompresan panas. Penanganan alternatif dengan kompresan panas pada perut bagian bawah diketahui bisa mengatasi nyeri. Tapi, kamu harus pastikan dulu kalau kompresan nggak terlalu panas sampai “membakar” kulitmu ya! Kamu juga bisa mandi dengan air hangat untuk meredakan ketegangan otot perutmu, sehingga nyeri bakal berkurang.
  • Akupunktur adalah terapi alternatif yang direkomendasikan untuk mengatasi nyeri menstruasi.
  • Yoga adalah jenis olahraga yang diketahui bisa membantu mengurangi nyeri menstruasi, kalau dilakukan secara teratur.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri yang khusus dibuat untuk mengatasi nyeri menstruasi.

Kalau kamu udah melakukan cara-cara di atas, tapi rasa nyeri nggak berkurang atau malah semakin parah, sebaiknya kamu langsung memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, dokter akan memutuskan apakah kamu perlu melewati tes tertentu, seperti pemeriksaan rongga panggul dengan USG. Akan lebih baik lagi, kalau kamu punya data atau catatan tentang nyeri perut yang dirasakan. Makanya, disarankan banget supaya kamu selalu memerhatikan siklus menstruasimu, mencatat kapan menstruasi dimulai dan selesai, serta gejala-gejala yang dialami seperti nyeri. Catatan ini akan melengkapi diagnosa dokter setelah melakukan pemeriksaan fisik, sehingga kamu bisa diberikan obat yang tepat.

Nah, mulai sekarang kamu nggak perlu bingung lagi ya, kalau nyeri perut yang kamu rasakan bakal berbeda sama yang dirasakan oleh temanmu. Kalau nyeri mulai mengganggu aktivitasmu, jangan lupa untuk melakukan cara-cara di atas ya! Kamu juga bisa catat apa aja yang dialami selama menjelang dan pas menstruasi, supaya kamu punya data yang lengkap saat harus berkonsultasi ke dokter. Don’t forget to stay healthy, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka juga bisa tau tentang info ini!

Related Articles

Adulthood
14 Nov 2020

Kamu Mengalami PMS? Ikuti Langkah Berikut!

PMS atau Premenstrual Syndrome atau premenstrual syndrome adalah kumpulan gejala fisik, psikologis d...
Adulthood
30 Jun 2019

Kata Siapa, Kista Rahim Bisa Menyebabkan Keguguran?

Girls, kamu pernah dengar nggak kalau kista rahim itu bisa menyebabkan keguguran? Ternyata selama in...
Adulthood
15 Jul 2019

Kok, Darah Menstruasiku Berhenti Pas Lagi Tidur dan Mandi?

Salah satu hal yang sering banget dipertanyakan sama cewek pas menstruasi adalah, “Kenapa pas ...