ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Nyeri Melulu sih?

Kenapa Nyeri Melulu sih?

Author: Tim Edukasi Laurier

11 Jul 2019

Kenapa Nyeri Melulu sih?

Pas menjelang menstruasi, para cewek pasti sering banget mengeluh tentang nyeri. Betul nggak, Girls? Mulai dari sakit perut, pinggang, punggung, sampai tegang dan nyeri di area organ intim. Duh, pasti bikin bete deh! Biasanya hal ini sampai bikin cemas para cewek yang lagi nunggu-nunggu menarche mereka. Kondisi ini wajar nggak ya? Atau ini tanda kalau mengalami gangguan kesehatan yang serius?

Nyeri menstruasi sebenarnya terjadi karena otot perut berkontraksi mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Kontraksi otot menyebabkan ketegangan, makanya kamu jadi merasa nyeri. Sayangnya, ketegangan itu nggak cuma dialami sama otot perut aja. Tapi otot penunjang, seperti otot pinggang, panggul bahkan kadang otot paha bagian atas, juga ikut menegang.

Biasanya, rasa nyeri ini nggak dialami berlama-lama kok. Rata-rata cewek mengalaminya cuma di hari pertama dan kedua menstruasi aja. Tapi kamu nggak perlu cemas, Girls, karena nyeri ini bisa hilang dengan cara-cara simple lho!

  • Stretching. Lakukan olahraga ringan supaya otot-otot perutmu melentur. Kalau otot lentur, pasti pelan-pelan rasa nyeri bakal hilang.
  • Mandi atau kompres air hangat. Kompres bagian perut atau bagian yang terasa nyeri dengan air hangat supaya bisa melemaskan otot. Suhu panas diketahui bisa menurunkan tingkat ketegangan otot, jadi nyeri bakal berkurang. Kamu juga bisa menambahkan minyak esensial seperti peppermint, chamomile dan lavender, saat kamu mandi. Caranya gampang kok, kamu tinggal tuangkan tiga sampai lima tetes minyak esensial ke dalam air yang udah kamu siapkan untuk mandi.
  • Bersantai. Minum secangkir teh hangat, mendengarkan musik yang lembut, atau pakai aromaterapi, bisa membuatmu merasa lebih baik.
  • Minum obat. Pilih obat pereda nyeri khusus untuk atasi nyeri menstruasi. Konsumsi obat sesuai aturan yang ada pada kemasan, supaya obat bisa berfungsi optimal.
  • Minum cokelat panas. Selain rasanya yang enak, cokelat cenderung bisa menenangkan kontraksi pada otot perut yang biasanya sangat intens pas menjelang menstruasi.

Nah, sekarang kamu tau kan, alasan kenapa perutmu terasa sakit kalau lagi menstruasi? Bukan karena hal-hal negatif seperti gejala kanker rahim yang mungkin pernah kamu bayangkan kok, itu cuma ketegangan yang berasal dari otot rahimmu. So, jangan khawatir lagi ya!

Kamu bisa coba beberapa cara di atas supaya nyeri menstruasimu mereda. Tapi kalau nyeri masih berlanjut sampai menstruasimu selesai, sebaiknya minta mama menemanimu memeriksakan diri ke dokter ya, Girls! Jangan sampai menstruasi mengganggu aktivitasmu sehari-hari!

Hal apa sih, yang biasa kamu lakukan kalau lagi mengalami nyeri menstruasi? Share di kolom komentar yuk! Ajak juga teman-temanmu untuk membaca info ini supaya mereka tau caranya mengatasi nyeri menstruasi!

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
14 Nov 2020

Kamu Mengalami PMS? Ikuti Langkah Berikut!

PMS atau Premenstrual Syndrome atau premenstrual syndrome adalah kumpulan gejala fisik, psikologis d...
Author: Tim Edukasi Laurier
29 Jul 2019

Kenalan Sama Pap Smear yuk!

Girls, kamu pernah dengar tentang Pap smear nggak? Pap smear adalah tes yang dilakukan untuk mendete...
Author: Tim Edukasi Laurier
28 Jun 2019

Apa Itu Vulvodynia?

Girls, mungkin kamu belum pernah dengar tentang vulvodynia. Iya, kan? Vulvodynia adalah kondisi di m...