Kenapa Miss V Bisa Iritasi Saat Menstruasi?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Miss V Bisa Iritasi Saat Menstruasi?

Kenapa Miss V Bisa Iritasi Saat Menstruasi?

01 Nov 2019

Kenapa Miss V Bisa Iritasi Saat Menstruasi?

Kamu tau nggak, ternyata 8 dari 10 orang perempuan di Indonesia mengalami iritasi miss V saat menstruasi lho!  Angka tersebut adalah data dari hasil penelitian kesehatan reproduksi yang dilakukan pada tahun 2016. Sayangnya, perempuan yang mengalami iritasi miss V pada saat menstruasi baru menyadarinya, saat area kulit di sekitar miss V mulai gatal atau justru lecet akibat digaruk. Penasaran nggak sih, apa yang menyebabkan iritasi miss V nggak disadari?

Penyebab utama kondisi iritasi nggak gampang disadari disebabkan sama kondisi kulit di area miss V itu sendiri. Saat perempuan mengalami menstruasi, akan selalu terjadi peningkatan suhu tubuh akibat naik turunnya kadar hormon reproduksi. Akibatnya, tubuh jadi lebih gampang berkeringat, dan permukaan kulit juga jadi lebih gampang lembap.

Selain merupakan area kulit yang sangat tipis dibandingkan kulit lainnya di seluruh tubuh, permukaan kulit di area miss V juga terdiri dari banyak lipatan. Karena berada di pangkal paha, saat kamu lagi bergerak, berjalan, berlari, atau melakukan berbagai aktivitas, area kulit tersebut jadi saling bergesekan.

Nah, akibatnya pori-pori jadi mengeluarkan keringat. Kalau keringat terperangkap di dalam lipatan-lipatan kulit itu dalam waktu relatif lama, maka akan menyebabkan kondisi kulit jadi sangat lembap, sehingga kondisi kulit miss V basah. Bayangkan aja, kalau hal tersebut terjadi pas kamu lagi menstruasi, saat ada cairan yang keluar dari tubuhmu, maka seluruh permukaan kulit miss V-mu akan lembap.

Gesekan pada kulit tipis yang lembap dan basah inilah yang menyebabkan terjadinya iritasi pada miss V-mu, Girls. Kalau iritasi memicu reaksi bakteri yang ada di permukaan kulit, maka akan terbentuk ruam yang menyebabkan gatal. Kalau kamu nggak sabar dan langsung menggaruk area ini, maka bisa membentuk luka terbuka.

Nah, setelah tau info ini, seharusnya kamu udah mulai bisa mencegah iritasi miss V terjadi nih. Intinya, jangan sampai kamu membiarkan area kulit miss V dalam kondisi lembap berlama-lama saat menstruasi ya! Kamu harus selalu mengeringkannya setiap saat, dan memilih pembalut yang tepat. Ingat, jangan cuma yang bisa menampung cairan menstruasi aja, tapi juga bisa menjaga kesehatan kulit area kewanitaanmu.

Saat ini, satu-satunya pembalut jenis ini adalah Laurier Healthy Skin. Pembalut ini memiliki permukaan 3D pori bergelombang, sehingga meningkatkan 80% sirkulasi udara ke area permukaan kulit area kewanitaan. So, pembalutmu bakal tetap kering deh! Bebas lembap, bebas iritasi! Untuk info lebih lanjut bisa cek www.dontgetirritated.id #DontGetIrritated

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu juga ya, biar mereka tau penyebab iritasi miss V saat menstruasi!

Related Articles

Adulthood
05 Sep 2019

Awas Rugi Kena Infeksi Ragi!

Kamu udah tau belum, Girls, kalau infeksi ragi termasuk sebagai infeksi yang umum banget dialami sam...
Adulthood
03 Oct 2019

Jangan Cukur Habis Rambut Pubis!

Sebuah survei yang dilakukan di Inggris, tentang kesehatan genital menemukan bahwa jumlah perempuan ...
Adulthood
05 Sep 2019

Fakta Mengejutkan Tentang Infeksi Ragi

Para ahli kesehatan reproduksi memastikan kalau di dalam tubuhmu ternyata hidup sekitar 20 spesies C...