Kenapa Menstruasiku Belum Teratur Juga?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Menstruasiku Belum Teratur Juga?

Kenapa Menstruasiku Belum Teratur Juga?

19 Sep 2019

Kenapa Menstruasiku Belum Teratur Juga?

Menstruasi yang datangnya nggak tetap alias sering berubah-ubah tanggal, memang cenderung bikin bingung. Betul kan, Girls? Tapi kamu tau nggak sih, ternyata hal itu wajar banget dialami di usia remaja sampai kamu berumur 18 tahun lho! Kenapa ya? Nah, berikut ini alasannya, Girls!

  • Proses pertumbuhan

Di usia remaja, tubuhmu lagi mengalami proses pertumbuhan. Pada masa ini, semua fungsi tubuh masih mengalami penyempurnaan, termasuk fungsi reproduksi yang mengatur siklus menstruasimu.

  • Kadar hormon reproduksi

Akibat dari proses penyempurnaan yang masih berlangsung, kadar hormon reproduksi yang diproduksi tubuh juga jadi belum seimbang. Hal ini berdampak pada volume darah mentruasi yang akan dikeluarkan oleh tubuhmu. Kondisi inilah yang menyebabkan siklus dan lama menstruasimu bakal berbeda-beda setiap bulannya.

  • Faktor eksternal

Selain dampak proses pertumbuhan, penundaan menstruasi juga bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti: lagi mengonsumsi obat-obatan tertentu, penurunan atau pertambahan berat badan secara drastis, terlalu capek, jarang mengonsumsi makanan bernutrisi, atau rasa cemas yang berlebihan.

Makanya, sebelum kamu panik karena merasa siklus menstruasimu nggak teratur, mending kamu coba untuk memastikannya dulu, Girls. Tapi, gimana caranya ya? This is it!

  • Memerhatikan gejala yang muncul menjelang menstruasi, seperti: nyeri perut, lemas, atau mood yang gampang berubah. Gejala lain yang nyaris dialami setiap cewek adalah tumbuh jerawat di wajah. Kalau kamu udah mengalami tanda-tanda seperti ini, sebaiknya kamu langsung menyiapkan pembalut di dalam tas yang siap dibawa kemanapun kamu pergi.
  • Bikin catatan. Pastikan kamu menandai kalender setiap hari pertama sampai hari terakhir menstruasimu. Catatan ini bakal membantumu untuk menghitung siklus menstruasimu, Girls. Sekalipun belum teratur, tapi sebenarnya pola siklus menstruasi udah mulai terbentuk saat remaja. Siklus menstruasi adalah jumlah hari sejak hari pertama menstruasimu sebelumnya, sampai hari pertama menstruasi berikutnya. So, kalau kamu tau siklusmu, pasti kamu bisa mengira-ngira kapan hari pertama menstruasimu setiap bulannya.

Nah, ternyata kalau umurmu masih di bawah 18 tahun dan siklus menstruasimu belum teratur, itu hal yang wajar banget lho, Girls! Mulai sekarang kamu nggak perlu takut atau panik, karena kamu cukup lakukan dua hal di atas supaya kamu bisa memastikan kondisimu sendiri. Asalkan semua hal yang kamu rasakan masih dalam batas wajar, itu artinya nggak ada apa-apa yang terjadi sama tubuhmu, Girls! Walaupun begitu, kamu jangan lupa untuk mencukupi nutrisi tubuhmu, rajin olahraga, hindari stres, dan istirahat yang cukup supaya kamu tetap sehat selama menstruasi. Stay healthy, dears!

Yuk, share info ini ke teman-teman dekatmu, supaya mereka nggak panik lagi kalau menstruasinya belum teratur!

Related Articles

Adulthood
06 Dec 2019

Waspadai Infeksi Bakteri Vaginosis!

Kesehatan organ intimmu udah diperhatikan dengan baik belum, Girls? Kalau kamu merasakan suatu kelai...
Adulthood
14 Jun 2019

Cerita Singkat Tentang Si Estrogen

Udah bukan rahasia lagi, kalau keteraturan siklus menstruasi itu diatur sama keseimbangan berbagai h...
Adulthood
25 Jun 2019

Tetap Cantik Saat Menstruasi

Kalau lagi menstruasi biasanya cewek nggak cuma mengeluh soal nyeri perut aja, tapi juga soal penamp...