ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Harus Ketombe sih?

Kenapa Harus Ketombe sih?

14 Jun 2019

Kenapa Harus Ketombe sih?

Girls, kamu pasti tau ketombe, kan? Ketombe keliatan seperti serpihan putih, biasanya ada di area dahi, atau jatuh ke baju dan bikin seorang cewek jadi keliatan nggak “bersih”. Sebenarnya, ketombe itu adalah sel kulit kepalamu yang mati lho, Girls. Biasanya cewek yang mengalami gangguan ketombe bakal merasakan gatal yang luar biasa di kulit kepalanya.

Gangguan ketombe biasanya mulai dialami seorang cewek pas masuk usia puber. Kenapa? Karena produksi hormon lagi giat-giatnya, kelenjar minyak yang ada di pangkal rambut biasanya bakal memproduksi minyak lebih banyak. Kulit kepala juga mengalami proses pertumbuhan yang pesat, jadi membentuk lapisan sel kulit mati di permukaan kulit kepala. Produksi minyak yang banyak di kulit kepala bakal mengikat sel kulit mati, jadi membentuk ketombe.

Kondisi ini bisa jadi makin parah kalau ada jamur Malassezia. Jamur ini memicu pertumbuhan sel kulit kepala jadi lebih cepat, sehingga terbentuk lebih banyak sel kulit mati yang bercampur sama minyak di kulit kepala. Alhasil kumpulan ketombe yang kebentuk juga jadi lebih besar. Hmm….kalau udah kayak gini, gimana cara mengatasinya ya?

Sebaiknya, pastikan dulu seberapa parah kondisi ketombemu. Kalau masih berupa serpihan kecil dan nggak berasa gatal banget, maka kamu cukup menjaga kesehatan kulit kepalamu aja. Coba empat tips di bawah ini yuk!

  • Angkat minyak berlebih di rambutmu dengan mencuci rambut pakai shampoo lembut, misalnya shampoo bayi, setiap hari.
  • Bersihkan sisir setiap hari supaya nggak ada kotoran dan jamur yang bisa memicu ketombe akut.
  • Jangan pakai produk rambut seperti gel atau mousse, karena justru bakal bikin ketombe di kulit kepalamu jadi makin banyak.
  • Ada banyak banget shampoo antiketombe yang bisa kamu beli di toko dan apotek. Jenis shampoo yang berbeda bakal bekerja dengan cara yang beda juga. Ada shampoo yang bisa memengaruhi warna rambut, ada juga yang menimbulkan alergi. Makanya, coba konsultasi sama apoteker dulu, sebelum kamu beli shampoo antiketombe ya!
  • Kulit kepala yang berketombe cenderung gatal. Sebaiknya, jangan digaruk karena justru bikin ketombemu jadi bertebaran, dan menimbulkan luka pada kulit kepalamu.

Nggak perlu cemas, Girls, ketombe bisa hilang kok! Kalau kondisimu makin parah, nggak perlu takut untuk konsultasi sama dokter kulit, supaya kamu segera mendapatkan jenis shampoo yang berisi obat untuk mengatasi ketombemu. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan kulit kepalamu ya, Girls!

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka juga tau pentingnya menjaga kesehatan kulit kepala!

Related Articles

Adulthood
28 Jun 2019

Apa Itu Vulvodynia?

Girls, mungkin kamu belum pernah dengar tentang vulvodynia. Iya, kan? Vulvodynia adalah kondisi di m...
Adulthood
17 Oct 2019

Cepat Menstruasi, Cepat Menopause

Para ahli dari 4 negara, yaitu Australia, Inggris, Denmark dan Jepang bergabung dan meneliti tentang...
Adulthood
16 Jul 2019

Berani Bilang “Tidak” untuk Kekerasan Seksual!

Girls, kamu harus hati-hati ya, karena berita tentang kekerasan seksual belakangan ini mulai meningk...