Kenapa Aku Tiba-tiba Gemuk?
ask dr laurier

Kenapa Aku Tiba-tiba Gemuk?

Kenapa Aku Tiba-tiba Gemuk?

01 Oct 2019

Kenapa Aku Tiba-tiba Gemuk?

Beberapa saat sebelum menstruasi, biasanya seorang perempuan akan merasa berat badannya naik. Kamu pernah merasakannya juga nggak, Girls? Bagian pinggang membesar, sehingga celana atau rok jadi nggak gampang dipakai. Atau juga cincin yang biasanya gampang dilepas dan dipakai, malah jadi seret. Hmm….kira-kira kenapa ya, hal ini bisa terjadi?

Pertambahan berat badan menjelang sampai hari-hari pertama menstruasi memang wajar dialami. Hal ini disebabkan karena di dalam tubuh lagi terjadi peningkatan kadar hormon reproduksi yang memicu terjadinya proses pengumpulan cairan di rongga perut dan sendi. Pengumpulan cairan adalah salah satu gejala PMS. Sampai sekarang, proses pengumpulan cairan oleh hormon belum bisa dijelaskan oleh para ahli. Tapi para ahli menduga, hal itu berhubungan dengan menurunnya kadar progesteron menjelang menstruasi, yang merupakan unsur penting yang mengatur kerja ginjal.

Saat progesteron menurun, maka ginjal secara otomatis akan memerintahkan seluruh tubuh untuk mengumpulkan cairan dan sodium, supaya tubuh nggak kehilangan cairan. Kondisi inilah yang bikin rongga-rongga di dalam tubuh jadi terisi cairan, dan bobot tubuh seakan-akan bertambah.

Pada kebanyakan perempuan, pengumpulan cairan bukan cuma gangguan bulanan aja lho, Girls. Tapi, ada yang merasakannya sampai bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Kalau kamu juga mengalaminya, sebaiknya kamu cepat mengatasinya supaya nggak terulang terus-menerus.

Nah, cara mencegah terjadinya kondisi ini adalah dengan memastikan kesehatan tubuhmu selalu prima. Gimana caranya ya?

  • Olahraga setiap hari. Perempuan yang rutin berolahraga bisa mencegah atau cuma akan mengalami PMS ringan setiap kali menstruasi.
  • Kurangi konsumsi garam. Memasaklah dengan sedikit garam, kurangi makanan kalengan atau yang udah diawetkan, dan waspadai kandungan garam yang tersembunyi dibalik kecap asin dan daging olahan. Sebaiknya, konsumsi garam nggak lebih dari 1000 mg per hari. Hal ini perlu dilakukan, karena garam bersifat “menahan” air di dalam tubuh.
  • Makanan sehat. Konsumsi lebih banyak buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian dan kurangi kafein, serta jangan mengonsumsi alkohol.
  • Pastikan mengonsumsi kalsium setiap hari. Penuhi kebutuhan kalsium tubuh sebanyak 1200 – 1350 mg per hari, terbukti bisa mengurangi terjadinya pengumpulan cairan menjelang menstruasi.
  • Makan dengan frekuensi yang lebih sering. Makanlah setiap tiga jam dalam porsi sedang, dan terdiri dari karbohidrat murni, seperti roti, pasta, atau nasi. Langkah ini perlu dilakukan supaya kadar gula darahmu tetap terjaga dan mencegah sel-sel mengisi diri dengan air, dibandingkan gula.
  • Banyak minum air dan jus buah.

Selain melakukan beberapa hal di atas untuk mencegah terjadinya pengumpulan cairan menjelang menstruasi, kamu juga bisa mengatasi kondisi ini kalau memang udah terlanjur mengalaminya. Penelitian saat ini menyebutkan bahwa unsur-unsur berikut bisa menyembuhkannya:

  • Kalsium
  • Magnesium
  • Kelompok vitamin B, seperti Thiamine dan Riboflavin
  • Vitamin E

Tapi sebaiknya, kamu tetap berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen atau ramuan untuk menyembuhkan kondisimu. Karena kalau kamu mengonsumsi keduanya secara berlebihan atau mencampurnya dengan jenis obat lain, malah bisa berbahaya untuk tubuhmu sendiri.

Nah, sekarang kamu udah tau kan, kenapa berat badanmu tiba-tiba bertambah saat beberapa hari menjelang menstruasi? So, kamu nggak perlu khawatir lagi ya! Cukup lakukan tips-tips di atas untuk mencegah dan mengatasi pengumpulan cairan yang terjadi sebelum menstruasi. Stay healthy, Girls!

Jangan lupa share info ini ke teman-teman dekatmu, supaya mereka tau penyebab berat badannya bertambah menjelang menstruasi!

Related Articles
Adulthood
01 Aug 2019

4 Masalah Menstruasi yang Mungkin Pernah Kamu Alami

Girls, jangan pernah anggap sepele kalau kamu mengalami masalah menstruasi yang membuatmu tersiksa y...
Adulthood
01 Nov 2019

Iritasi Saat Menstruasi

Kamu tau nggak, Girls, rasa nggak nyaman selama menstruasi ternyata salah satunya disebabkan karena ...
Adulthood
14 Jun 2019

Kenapa Muncul Bercak Setelah Menstruasi?

Kamu pernah nggak sih, Girls, mengeluarkan bercak-bercak setelah beberapa hari selesai menstruasi? K...