Kenapa Aku Jadi Susah BAB, ya?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Aku Jadi Susah BAB, ya?

Kenapa Aku Jadi Susah BAB, ya?

14 Jun 2019

Kenapa Aku Jadi Susah BAB, ya?

Kalau lagi menstruasi pasti kamu kadang merasa bete, benar nggak? Kamu nggak cuma harus rajin menjaga kebersihan dan ganti pembalut aja, tapi kamu juga bakal mengalami gangguan-gangguan yang kadang bikin aktivitasmu jadi terganggu.

Beberapa saat menjelang menstruasi, cewek bakal mengalami kondisi-kondisi yang bikin nggak nyaman, seperti sakit pada perut bagian bawah, kram, diare, kembung, sakit kepala, selalu pengen ngemil, berat badan yang bertambah karena tubuh mengumpulkan cairan, atau susah buang air besar. Sebenarnya agak susah menjelaskan apa yang menjadi penyebab dari kondisi-kondisi tersebut, karena siklus mentruasi cewek benar-benar kompleks. Tapi, intinya adalah melibatkan dua hormon penting, yaitu estrogen dan progesteron.

Tepat sebelum menstruasi berlangsung, kadar hormon progesteron di dalam tubuh bakal meningkat. Kadar progesteron yang sangat tinggi ini mengganggu kerja sistem pencernaan, dengan “menahan” makanan lebih lama di dalam usus besar pas lagi diolah. Akhirnya, proses yang tertunda ini menyebabkan kamu jadi susah BAB. Buat kamu yang sistem pencernaannya biasanya lancar, bisa jadi ini adalah satu-satunya periode kamu bakal mengalami susah BAB.

Saat menstruasi, rahim bakal memproduksi sejenis hormon bernama prostaglandin. Fungsi utamanya adalah untuk merangsang kontraksi dinding rahim dan mendorong darah menstruasi keluar dari dalam rahim. Tapi sayangnya nih, prostaglandin sering banget masuk ke dalam sistem pencernaan melalui aliran darah, dan memicu reaksi otot pencernaan jadi lebih intens pas terjadi proses pembuangan. Kondisi inilah yang bikin otot pencernaan menegang, jadi pas BAB bakal terasa nyeri.

Eits, tapi ada kabar baiknya juga lho, Girls! Setelah menstruasi dimulai, BAB pasti bakal kembali lancar, dan kalau menstruasimu udah selesai, BAB juga nggak bakal terasa nyeri lagi. So, kamu nggak perlu terlalu khawatir ya!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu, supaya mereka nggak perlu panik kalau tiba-tiba jadi mengalami masalah BAB!

Related Articles

Adulthood
06 Dec 2019

Hati-hati Kena Serangan Jantung Saat Menstruasi!

Girls, kamu pernah nggak sih, membayangkan kalau serangan jantung bisa terjadi saat menstruasi? Mung...
Adulthood
30 Mar 2022

Risiko Melakukan Oral Seks yang Wajib Diketahui

Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa orang masih banyak yang melakukan oral seks sebelum melakukan h...
Adulthood
01 Sep 2020

Sudahkah Kamu Membersihkan Vagina dengan Benar?

Vagina memang menjadi salah satu bagian tubuh yang perlu banget perhatian ekstra. Setiap hari pasti ...