ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Aku Belum Menstruasi Juga Setelah Keguguran?

Kenapa Aku Belum Menstruasi Juga Setelah Keguguran?

16 Oct 2019

Kenapa Aku Belum Menstruasi Juga Setelah Keguguran?

Girls, kamu pernah mengalami keguguran? Setelah seorang perempuan mengalami keguguran, biasanya sistem reproduksi memang masih membutuhkan beberapa saat untuk kembali mengatur siklus menstruasi. Hal ini disebabkan karena tubuhmu masih dipenuhi sama hormon-hormon kehamilan. Hormon ini perlu “dibersihkan” oleh tubuh, sehingga kondisi hormon reproduksi bisa kembali seimbang, dan siklus menstruasi juga berlangsung teratur.

Berdasarkan data medis, diketahui rata-rata hormon dalam tubuh seorang perempuan bisa kembali seimbang antara 6 minggu sampai 3 bulan setelah keguguran. Semakin tua usia kehamilan sebelum keguguran terjadi, maka semakin lama juga tubuh memerlukan waktu untuk kembali normal dan mengatur siklus menstruasi.

Para dokter ahli kebidanan mengatakan bahwa kalau sampai 3 bulan, terhitung dari keguguran terjadi, seorang perempuan belum menstruasi, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter. Biasanya kondisi ini bisa diatasi dengan pil hormonal untuk membantu tubuh kembali menyeimbangkan kadar hormon reproduksi.

Setelah hormon reproduksi udah seimbang, sistem reproduksi pasti akan kembali mengatur siklus menstruasi secara teratur. Kalau kamu udah mengalami menstruasi pertama setelah keguguran, maka kamu dan pasanganmu juga udah bisa merencanakan kehamilan lagi. Karena kondisi ini memastikan kalau ovariummu udah bisa menghasilkan sel telur matang yang siap untuk dibuahi.

So, kamu nggak perlu khawatir kalau belum menstruasi setelah keguguran ya! Karena kadar hormon dalam tubuhmu memang belum seimbang untuk mengatur siklus menstruasimu, Girls. Kamu juga nggak perlu menunggu sampai setahun atau 6 bulan untuk merencanakan kehamilan setelah keguguran seperti yang orang-orang bilang. Karena sebenarnya kamu boleh kok, langsung merencanakannya kalau udah mengalami menstruasi pertama setelah keguguran. Happy conception, Girls!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang pernah mengalami keguguran, supaya mereka nggak khawatir lagi kalau menstruasinya belum datang juga!

Related Articles

Adulthood
30 Aug 2019

pH Berubah, Penyakit Berbuah

Perempuan yang sering memerhatikan kesehatan reproduksi biasanya udah paham bahwa infeksi itu rentan...
Adulthood
16 Sep 2019

Aromaterapi Bikin Menstruasi Jadi Happy!

Girls, ternyata dari berabad-abad lalu, praktek kesehatan yang dilakukan sama bangsa Tionghoa, Mesir...
Adulthood
26 Jan 2020

Aku Pede Nggak sih?

Girls, kamu udah merasa percaya diri belum sama kondisimu yang terlihat ataupun nggak sekarang ini? ...