ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Ada Bercak Sebelum Masa Menstruasiku Tiba?

Kenapa Ada Bercak Sebelum Masa Menstruasiku Tiba?

26 Jun 2019

Kenapa Ada Bercak Sebelum Masa Menstruasiku Tiba?

Kamu pernah ngeliat bercak darah padahal belum waktunya menstruasi? Ini pasti bikin kamu jadi bingung dan cemas, deh. Eits, tapi tenang aja, Girls! Sebenarnya ada tiga kondisi yang bikin hal itu mungkin dialami sama cewek di usia produktif. So, masih tergolong normal, kok! Apa aja, ya?

  1. Ovulasi

Pada sebagian cewek, di hari pertama atau kedua ovulasi biasanya bercak darah bakalan muncul. Mestinya hal ini dialami secara teratur sama seorang cewek.

  1. Penggunaan kontrasepsi

Ada kalanya cewek yang memakai kontrasepsi hormonal bakal mengalami bercak-bercak darah di antara siklus menstruasinya. Biasanya ini terjadi beberapa saat di awal penggunaan kontrasepsi, yang menandakan kalau tubuh bereaksi terhadap tambahan hormon yang masuk.

  1. Kehamilan

Di awal kehamilan, saat embrio akan menempel di dinding rahim, biasanya bakal muncul bercak darah. Kalau kamu lagi merencanakan kehamilan, pas melihat bercak tapi nggak terjadi menstruasi, sebaiknya segera memastikan dengan testpack. Kalau hasilnya positif, segera periksakan dirimu ke dokter Obgyn (dokter ahli kandungan dan kebidanan).

Sekalipun dalam kondisi tertentu masih tergolong aman, tapi kalau kondisimu lagi nggak termasuk ke dalam salah satu di antara ketiganya, lebih baik kamu segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini karena ada banyak kondisi serius yang berhubungan sama bercak-bercak, seperti: keguguran, hamil anggur, gangguan tiroid, polip di rahim, kista indung telur, kanker serviks, dll.

Kalau kamu lagi mengalami bercak-bercak darah tersebut, sebaiknya kamu selalu memakai pantyliner, supaya nggak ada noda yang mengotori celana dalammu. Jenis pads ini relatif tipis kok, jadi nyaris nggak terasa pas lagi dipakai dan bakal bikin kamu tetap nyaman beraktivitas!

Yuk, share info ini ke teman-teman cewekmu, supaya mereka nggak parno lagi kalau melihat bercak sebelum masa menstruasinya tiba!

Related Articles

Adulthood
14 Jun 2019

Kenapa Harus Ketombe sih?

Girls, kamu pasti tau ketombe, kan? Ketombe keliatan seperti serpihan putih, biasanya ada di area da...
Adulthood
07 Oct 2019

3 Cara Atasi Heavy Flow Pas Lagi Menstruasi

Fyi nih, Girls, pada tahun pertama kamu mengalami menstruasi, biasanya darah menstruasi yang keluar ...
Adulthood
16 Jul 2020

Seberapa Paham Kamu Tentang Menstruasi?

Kamu pasti tau apa itu menstruasi, iya kan? Eits, tapi kamu paham sama hal-hal yang berhubungan deng...