ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenalan Sama Pap Smear yuk!

Kenalan Sama Pap Smear yuk!

29 Jul 2019

Kenalan Sama Pap Smear yuk!

Girls, kamu pernah dengar tentang Pap smear nggak? Pap smear adalah tes yang dilakukan untuk mendeteksi kanker atau kondisi pra-kanker pada serviks, yaitu bagian rahim yang paling bawah, dan langsung berhubungan dengan vagina. Pra-kanker adalah kondisi perubahan sel yang mungkin menjadi kanker kalau nggak ditangani dengan baik.

Nah, manfaat dari Pap smear adalah untuk mendeteksi kanker serviks. Kalau ditemukan pada tahapan dini, kesempatan kanker serviks disembuhkan sampai tuntas sangat besar. Makanya, Pap smear bisa menyelamatkan hidupmu, Girls!

Secara medis disarankan Pap smear dilakukan 10 – 20 hari setelah menstruasi, supaya mendapatkan hasil yang akurat. Selain waktu, disarankan juga supaya dua hari sebelum melakukan Pap smear, sebaiknya kamu nggak melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Pakai tampon
  • Pakai obat-obatan melalui vagina
  • Pakai wangi-wangian dan douce
  • Melakukan hubungan seksual

Pap smear sebenarnya merupakan tes sederhana dan bisa dilakukan secara tepat. Pemeriksaan ini bisa dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan rongga panggul. Saat tes dilakukan, kamu harus berbaring, lalu dokter akan memasukkan speculum ke dalam saluran vagina untuk mengambil sel dari permukaan dan dalam serviks. Sample sel itu nantinya dimasukkan ke dalam cawan petri dan dikirimkan ke lab untuk diperiksa. Setelah melakukan Pap smear, biasanya ada kemungkinan terjadi perdarahan selama beberapa saat. Tapi tenang aja, Girls, tes ini nggak menyakitkan kok!

Kalau tes menunjukkan hasil yang nggak normal, dokter bakal menjadwalkan serangkaian tes untuk kamu. Walaupun begitu, sebaiknya kamu jangan terlalu cemas ya, Girls! Karena hasil tes yang nggak normal itu nggak selalu menandakan kalau kamu mengidap kanker kok. Bisa jadi ada faktor penyimpangan yang perlu diperhatikan.

Nah, sekarang kamu udah lebih paham tentang Pap smear kan? Pap smear benar-benar bermanfaat buat hidupmu lho! Kalau kamu melakukan tes dari sekarang, mungkin aja bisa mencegah kanker serviks terjadi sama kamu, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka tau lebih banyak info tentang Pap smear!

Related Articles

Adulthood
14 Jun 2019

Kenapa Muncul Bercak Setelah Menstruasi?

Kamu pernah nggak sih, Girls, mengeluarkan bercak-bercak setelah beberapa hari selesai menstruasi? K...
Adulthood
29 Jun 2019

Waspada PMS Bisa Berisiko Darah Tinggi!

Sebuah hasil penelitian baru-baru ini yang meneliti PMS sebagai salah satu faktor penting pemicu gan...
Adulthood
09 Jul 2019

3 Aturan Penting Pas Lagi Menstruasi!

Pembalut adalah salah satu barang penting yang pastinya selalu dibutuhkan sama cewek setiap kali men...