4 Kebiasaan yang Bikin Area Miss V Gatal
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Kebiasaan yang Bikin Area Miss V Gatal

4 Kebiasaan yang Bikin Area Miss V Gatal

09 Dec 2019

4 Kebiasaan yang Bikin Area Miss V Gatal

Kamu sering merasa gatal di area miss V-mu, Girls? Wajar kok, ternyata area ini memang cenderung gampang gatal lho! Faktor utamanya adalah karena anatomi area genital itu sendiri terdiri dari lipatan-lipatan kulit, sehingga gampang lembap. Kelembapan bisa memicu perubahan sifat bakteri dan jamur, sehingga menginfeksi area kulit tersebut.

Biasanya kalau dibersihkan saat mandi, maka gatal itu akan mereda. Tapi, kalau rasa gatal makin menjadi-jadi dan nggak hilang setelah mandi berulang kali, sebaiknya langsung bilang pada mama untuk minta ditemani ke dokter. Jangan malu atau ragu menceritakan pada mama, Girls. Kondisi ini umum banget dialami cewek kok, dan memang akan ditangani sampai tuntas oleh dokter, karena cuma dokter yang bisa meresepkan jenis obat antiinfeksi.

Gejala gatal yang nggak tertahan dan berulang bisa merupakan tanda bahwa kulit di area tersebut mengalami infeksi ragi. Ragi yang dimaksud di sini adalah sejenis mikroorganisme yang memang ada di permukaan kulit, tapi berkembang biak sangat pesat akibat kelembapan, dan akhirnya menyebabkan iritasi di permukaan kulit area miss V-mu.

Seringkali tanpa kamu sadari, kebiasaanmu sendiri yang memicu faktor penyebab infeksi jadi meningkat dan berlipat ganda lho. Masa sih? Memang apa aja pemicunya?

  • Menunda mandi

Disarankan supaya kamu selalu mandi dua kali sehari, dan bersihkan area genital dengan air panas saat mandi sore. Biasanya sih, setelah lelah beraktivitas sepanjang hari dan pulang ke rumah, kamu pasti nggak langsung mandi. Justru lebih milih leyeh-leyeh, dan ujung-ujungnya bisa aja tertidur beberapa saat. Betul kan? Nah, dalam keadaan kulit lembap ini, maka jamur dan bakteri akan aktif, sehingga bisa memicu infeksi.

  • Pilihan undies yang nggak tepat

Karena lembut dan berenda, kamu jadinya malah memilih undies yang nggak menyerap keringat dengan baik. Duh, jangan diulangi lagi ya, Girls! Sebaiknya, pilih undies dari bahan katun supaya bisa menyerap keringat dengan baik, sehingga miss V jadi nggak gampang lembap. Jangan lupa juga untuk selalu pakai undies bersih, setiap kali setelah mandi ya!

  • Celana ketat

Sampai saat ini, skinny jeans masih jadi tren mode yang digandrungi remaja. Pasti hal inilah yang bikin kamu hobi banget pakai skinny jeans pas lagi hangout, benar kan? Tapi, ternyata memakai celana jenis ini sepanjang hari malah bisa meningkatkan kelembapan kulit lho, Girls! Sehingga bisa memicu pertumbuhan mikroorganisme penyebab infeksi di area miss V-mu.

  • Pakai cairan pembersih vagina

Cairan ini justru akan mengubah keseimbangan kadar pH di area vagina lho! Sehingga menyebabkan bakteri, virus dan jamur akan bebas berkembang biak, serta memperburuk infeksi pada area miss V-mu.

Mulai sekarang kamu harus berhenti melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas ya, Girls! Sebaiknya, kamu selalu jaga kesehatan kulit dengan mengubah kebiasaanmu, supaya nggak diganggu sama gatal. Be aware and stay healthy!

Kebiasaan mana nih, yang masih sering kamu lakukan? Tulis di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga share info ini ke teman-temanmu, supaya mereka tau apa aja pemicu rasa gatal di area miss V!

Related Articles

Adulthood
01 Oct 2019

Tips Lolos dari Insomnia

Kamu pernah mengalami insomnia nggak, Girls? Ternyata insomnia memang cenderung dialami saat menjela...
Adulthood
29 Oct 2019

Pakai Pantyliner, Nggak Repot Cuci Undies!

Pas lagi mandi sore, pasti kamu nggak jarang menemukan noda pada celana dalammu, akibat produksi cai...
Adulthood
24 Jul 2019

Cegah Lecet di Area Vagina

Lecet dan gatal di area vagina pasti sering bikin kamu ngeluh pas lagi menstruasi. Benar nggak, Girl...