ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kata Siapa, Kista Rahim Bisa Menyebabkan Keguguran?

Kata Siapa, Kista Rahim Bisa Menyebabkan Keguguran?

Author: Tim Edukasi Laurier

30 Jun 2019

Kata Siapa, Kista Rahim Bisa Menyebabkan Keguguran?

Girls, kamu pernah dengar nggak kalau kista rahim itu bisa menyebabkan keguguran? Ternyata selama ini pandangan dari para ahli kesehatan tentang hal itu sebenarnya salah, lho! Keguguran yang dialami seorang perempuan ternyata nggak dipicu sama keberadaan kista pada rahim.

Sebuah penelitian yang sudah dilakukan selama 10 tahun oleh para ahli dari Vanderbilt University, Amerika menemukan fakta baru. Katherine Hartmann, M.D., Ph.D, pemimpin dan penulis utama laporan penelitian tersebut dalam tulisannya yang sudah diterbitkan pada edisi pertengahan tahun 2017 the American Journal of Epidemiology mengatakan, “Setiap tahun di Amerika terjadi lebih dari 1 juta keguguran spontan, dan kita belum memastikan penyebabnya. Tapi umumnya, perempuan yang mengalami keguguran, akan menyalahkan diri dan bertanya adakah sesuatu yang bisa mereka lakukan untuk mempertahankan kehamilan itu. Fakta bahwa kista rahim bukanlah salah satu pemicunya bisa membuat mereka sedikit lebih tenang.”

Penelitian jangka panjang ini melibatkan 5.500 responden perempuan dari delapan komunitas yang tinggal di kota dan desa, dan tersebar di tiga negara bagian. Keterlibatan responden yang relatif banyak dan dari berbagai latar belakang ini, diperlukan untuk mencakup pengumpulan data yang lengkap.

Setiap responden pada awal penelitian menjalani pemeriksaan ultrasonografi yang sudah distandarisasi untuk menemukan ada atau tidaknya kista, jumlah, ukuran dan lokasi kista di dalam rahim. Hasilnya, cuma 11% responden yang terdeteksi mengidap kista rahim, dan 89% peserta lainnya nggak memiliki kista. Setelah diamati, ditemukan bahwa risiko keguguran responden yang memiliki kista rahim sama saja dengan responden yang nggak memiliki kista rahim.

Kista rahim atau juga disebut sebagai fibroid adalah pembentukan massa di rahim dan bisa memengaruhi bentuk dalam ataupun luar rahim. Perubahan bentuk rahim dan dampak kista ini dianggap sebagai pemicu keguguran pada penelitian-penelitian sebelumnya. Menurut Katherine, hasil penelitian ini adalah berita baik bagi perempuan, karena menekan terjadinya operasi yang sebenarnya nggak perlu dilakukan untuk mempersiapkan kehamilan yang akan datang.

Nah, Girls, sekarang kamu udah tau kan, kalau ternyata kista rahim itu nggak sama sekali menyebabkan keguguran. So, you don’t have to worry about it now, dear! Cukup jaga kesehatanmu dengan baik, supaya nggak terkena penyakit apapun!

Jangan lupa share info penting ini ke teman-teman cewekmu ya, biar mereka juga tau tentang fakta ini!

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
03 Oct 2019

Kedatangan Dua “Tamu” Sekaligus

Kamu dan suamimu lagi merencanakan kehamilan, Girls? Nah, kamu harus tau nih, pasangan suami-istri y...
Author: Tim Edukasi Laurier
09 Dec 2019

4 Kebiasaan yang Bikin Area Miss V Gatal

Kamu sering merasa gatal di area miss V-mu, Girls? Wajar kok, ternyata area ini memang cenderung gam...
Author: Tim Edukasi Laurier
16 Sep 2019

4 Alasan Nyeri Menstruasi Nggak Ditangani Serius

Para ahli dari fakultas kedokteran di University College London, baru aja membuat pernyataan bahwa n...