Kamu Sering Susah Tidur? Hati-hati Kena Gangguan Menstruasi!
ask dr laurier

Kamu Sering Susah Tidur? Hati-hati Kena Gangguan Menstruasi!

Kamu Sering Susah Tidur? Hati-hati Kena Gangguan Menstruasi!

29 May 2019

Kamu Sering Susah Tidur? Hati-hati Kena Gangguan Menstruasi!

Bersyukurlah kamu yang bisa tidur nyenyak setiap malam, Girls. Untuk sebagian orang di luar sana, tidur nyenyak itu susah lho! Gangguan susah tidur, yang dalam istilah medis dikenal sebagai DSPS (Delayed Sleep Phase Syndrome), dialami seseorang karena jam biologisnya nggak berjalan sesuai sama waktu yang sesungguhnya. Akibatnya, seseorang bisa tetap terjaga sampai tengah malam dan susah bangun pagi untuk beraktivitas pada waktu normal. Kondisi ini adalah gangguan kesehatan dan nggak ada hubungannya sama kondisi jet lag karena perjalanan melintasi zona waktu, atau karena suara ribut dan cahaya yang terang.

Dalam ajang pertemuan tahunan Associated Professional Sleep Societies (APSS) yang diadakan pada pertengahan tahun 2013, para ahli dari Northwestern University di Chicago, Amerika melakukan presentasi hasil penelitian tentang hubungan antara gangguan siklus menstruasi dan PMS berat yang selalu dialami perempuan pengidap DSPS.

Penelitian ini dilakukan terhadap 26 responden perempuan. 13 perempuan dengan kebiasaan tidur larut malam atau DSPS, dan 13 perempuan yang punya pola tidur teratur dan normal. Para responden ini diminta mengisi daftar pertanyaan tentang kesehatan reproduksi mereka, termasuk keteraturan siklus menstruasi dan PMS yang udah dan lagi dialami.

Berdasarkan hasil pengambilan data tersebut diketahui bahwa para responden yang mengidap gangguan tidur mengalami siklus menstruasi yang nggak teratur, dibandingkan responden yang punya pola tidur normal. Sedangkan, 69% pengidap gangguan tidur ternyata juga mengalami PMS yang relatif berat, seperti mood swing dan kram, dibanding responden dengan pola tidur teratur.

“Sekalipun ini cuma penemuan awal, hasil penelitian ini menyimpulkan kalau perempuan yang mengalami gangguan tidur saat menstruasi, cenderung tidak teratur siklus menstruasinya,” kata Kari Sveum, peneliti yang menulis laporan peneliti tersebut. Lalu, dijelaskan juga kalau masih perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan melibatkan lebih banyak responden perempuan dengan memakai data harian, supaya bisa memastikan siklus reproduksi dan gejala PMS yang dialami perempuan tersebut dari hari ke hari.

Tidur yang cukup punya peran penting untuk menunjang kesehatan perempuan. Kalau kamu memenuhi kebutuhan tidur, berarti kamu mempertahankan kualitas hidupmu sendiri. Di sisi lain, ada beberapa hal yang bisa mengganggu kualitas tidurmu, yaitu: aktivitas harian yang panjang sehingga waktu tidur terbatas, depresi, sakit, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Seorang perempuan berusia produktif sangat disarankan untuk memenuhi waktu tidur tujuh sampai delapan jam setiap malam, supaya tubuhnya sehat.

Nah, supaya waktu dan kualitas tidurmu terpenuhi, berikut ini ada beberapa tips dari para ahli APPS yang bisa kamu lakukan, Girls!

  1. Pastikan kondisi kamar tidurmu tenang dan nyaman. Misalnya tempat tidur bersih, sprai segar, ruangan nggak panas, dan lampu kamar nggak terlalu terang menjelang tidur.
  2. Naiklah ke tempat tidur saat kamu benar-benar mengantuk.
  3. Upayakan untuk mengatur ritme tidur. Seperti bangun pagi dan tidur malam di saat yang sama, sekalipun pas weekend atau liburan. Rutinitas ini bakal bikin tubuhmu jadi terbiasa.
  4. Jangan konsumsi kafein setelah sore hari, minimal nggak lebih dari jam 3 sore.
  5. Kurangi makanan berlemak pada sore dan malam hari, karena akan membuat sistem pencernaanmu bekerja lebih berat, sehingga tubuh jadi nggak relaks dan cenderung susah tidur.
  6. Lakukan relaksasi di sore atau malam hari menjelang tidur, seperti mandi air hangat di sore hari, atau membaca menjelang tidur.
  7. Tambah asupan makanan yang mengandung vitamin E atau konsumsi suplemen vitamin E.
  8. Kalau perlu pakai obat tidur, sebaiknya kamu konsumsi di bawah pengawasan dokter.

Kalau kamu menganggap dirimu mengalami gangguan tidur, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter dan ahli tidur supaya kamu bisa langsung memperbaiki kondisi ini. Ingat ya, jangan sampai kamu anggap santai kondisi ini lho, Girls! Kamu juga bisa melakukan tips-tips di atas, supaya waktu dan kualitas tidurmu nggak terganggu. Stay healthy, dears!

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu yang lain ya!

Related Articles
Adulthood
10 May 2021

Bener ga sih, Vaksin Covid-19 Bikin Siklus Menstruasi Jadi Gak Teratur?

Hai girls, kamu tentu udah gak sabar pengen dapat giliran vaksin Covid-19 dari pemerintah kan? Eh ta...
Adulthood
14 Jun 2019

Kenapa Aku Jadi Susah BAB, ya?

Kalau lagi menstruasi pasti kamu kadang merasa bete, benar nggak? Kamu nggak cuma harus rajin menjag...
Adulthood
04 Oct 2019

Abis Olahraga, Kenapa Malah Keluar Darah?

Kalau ada bercak-bercak darah yang muncul di luar periode menstruasi pasti bikin kamu panik, betul n...