Kadar Hormon Bisa Tentukan Akhir Masa Produktifmu!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kadar Hormon Bisa Tentukan Akhir Masa Produktifmu!

Kadar Hormon Bisa Tentukan Akhir Masa Produktifmu!

08 Oct 2019

Kadar Hormon Bisa Tentukan Akhir Masa Produktifmu!

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli kebidanan dari University Medical Center Utrecht, Belanda, menemukan bahwa kadar AMH (Anti-Müllerian hormone) dalam darah bisa memprediksi akhir masa produktif setiap perempuan. Kondisi ini tentunya bikin perempuan jadi lebih gampang untuk merencanakan keluarga, seperti yang dikutip dari The Journal of Clinical Endocrinology Metabolism yang mempublikasikan hasil penelitian itu pada pertengahan tahun 2011. Secara medis diperkirakan rata-rata perempuan memasuki akhir masa produktifnya antara usia 40 sampai 60 tahun. Tapi saat ini, melalui pemeriksaan darah bisa diketahui kapan usia yang tepat kamu akan memasuki akhir masa produktifmu.

Penelitian itu melibatkan 257 responden perempuan yang sehat, dan dipantau selama 11 tahun. Para peneliti di Belanda menghubungkan kadar AMH sama usia pas seorang perempuan diperkirakan nggak lagi menghasilkan sel telur, atau usia menopause. AMH adalah sejenis hormon yang diproduksi oleh folikel telur dalam ovarium (indung telur) untuk mematangkan sel telur, dan dikeluarkan menuju saluran telur (tuba falopii). Kadar AMH di dalam darah bisa menjadi indikator fungsi ovarium seorang perempuan. Ditemukan bahwa semakin sedikit kadar AMH, maka semakin muda usia seorang perempuan mengalami akhir usia produktif.

Contohnya, prediksi usia rata-rata perempuan mengalami menopause dengan kadar AMH mendekati 0,15 ng/ml di usia 30 tahun adalah 48,8 tahun. Sedangkan, prediksi usia rata-rata perempuan mengalami menopause dengan kadar AMH nyaris 4,38 ng/ml di usia 30 tahun adalah 55,3 tahun.

Tim peneliti ini diketuai oleh dua orang ahli kebidanan, yaitu Prof. Frank Broekmans dan Prof. Bart Fauser. “Umumnya perempuan saat ini menunda kehamilan sampai mereka mencapai kondisi ekonomi yang lebih stabil. Tapi saat usia mereka stabil secara ekonomi, biasanya mereka tidak mudah lagi hamil. Akan sangat baik kalau sebelumnya perempuan tau pada usia berapa dia tidak bisa lagi hamil, sehingga dia bisa merencanakan segalanya dengan baik,” kata Prof. Frank.

Info tentang akhir periode produktif ini bisa membuat perempuan melakukan langkah yang tepat untuk membekukan sel telurnya, sampai mereka merasa udah siap untuk hamil. University Medical Canter Utretch di Belanda, saat ini juga menawarkan jasa pembekuan sel telur dan menyimpannya di Bank Sel Telur Manusia.

Nah, sekarang kamu jadi tau kan, Girls, kalau ternyata kadar AMH bisa menunjukkan kapan akhir masa produktifmu. Kalau kamu lagi berencana untuk menunda kehamilan, sebaiknya pahami baik-baik info ini supaya bisa menentukan dengan tepat sampai kapan kamu siap untuk hamil. Ingat, jangan sampai kamu salah ambil keputusan ya, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka juga bisa tau info ini!

Related Articles

Adulthood
20 Jul 2019

Menstruasi Dua Kali Sebulan, Bahaya Nggak ya?

Menstruasi biasanya dialami seorang cewek sekali setiap siklusnya. Rata-rata siklus menstruasi adala...
Adulthood
30 Oct 2019

Pantyliner, Berbahaya atau Bermanfaat?

Saat ini, kesadaran para cewek terhadap kesehatan diri, terutama kesehatan reproduksi semakin mening...
Adulthood
15 Jul 2019

Awas Kena Anemia Saat Menstruasi!

Girls, kamu tau nggak, kalau menstruasi itu menandakan sistem reproduksi di dalam tubuhmu udah berfu...