Jarang Menstruasi Berarti Nggak Subur?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Jarang Menstruasi Berarti Nggak Subur?

Jarang Menstruasi Berarti Nggak Subur?

28 Oct 2019

Jarang Menstruasi Berarti Nggak Subur?

Menstruasi pasti bakal dialami sama semua cewek yang udah memasuki usia remaja. Nggak heran sih, kalau menstruasi jadi topik seru buat obrolin sama cewek-cewek remaja. Benar kan, Girls? Tapi sayangnya nih, masih aja ada anggapan yang nggak benar tentang menstruasi. Apa tuh? Salah satunya adalah anggapan kalau seorang cewek yang jarang menstruasi bakalan susah hamil nantinya. Hmm…..ini sama sekali nggak benar lho, Girls!

Ada dua hal yang harus selalu diingat kalau kamu membicarakan soal menstruasi:

  • Di usia remaja, tubuh cewek masih mengalami proses pertumbuhan, jadi sekalipun sistem reproduksi udah berfungsi, proses penyempurnaan masih terjadi dan hormon-hormon yang mengatur siklus menstruasi juga belum dihasilkan secara seimbang. Kondisi ini membuat siklus menstruasi cewek remaja yang belum berumur lebih dari 20 tahun jadi belum teratur. So, kalau umurmu belum lebih dari 20 tahun, wajar aja kalau kamu beberapa bulan nggak mengalami menstruasi, asalkan nggak lebih dari tiga bulan ya, Girls!

  • Menstruasi terjadi berdasarkan siklus. Siklus yang paling panjang adalah 35 hari. Kalau kamu punya siklus panjang ini, maka menstruasi mu bakal berulang setiap 35 hari. Ini berarti kamu mengalami menstruasi nyaris setiap satu bulan lebih, jadi keliatannya kamu jarang menstruasi.

So, sama sekali nggak benar tuh Girls, kalau cewek yang jarang mengalami menstruasi berarti nggak subur. Status kesuburan itu cuma bisa dipastikan dengan pemeriksaan sel telur, diukur volume dan kematangannya. Jadi, perlu pemeriksaan khusus untuk memastikan kesuburan seorang cewek. Mulai sekarang, jangan gampang percaya sama mitos-mitos tentang menstruasi kalau kamu belum tau kebenarannya ya, Girls!

Kamu pernah dengar mitos lain tentang menstruasi? Tulis di kolom komentar, yuk! Jangan lupa juga ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini, supaya mereka tau info yang benar!

Related Articles

Adulthood
03 Dec 2019

9 Jenis Cairan Vagina yang Perlu Kamu Tau!

Kamu pasti sering melihat cairan yang keluar dari organ intimmu kan, Girls? Kira-kira itu cairan apa...
Adulthood
17 Sep 2019

Tekan 3 Titik Ini Biar Nyeri Menstruasimu Hilang!

Girls, kamu pasti udah tau kan, kalau nyeri menstruasi adalah gejala yang dirasakan akibat kram otot...
Adulthood
21 May 2019

Jenis Kista Ovarium yang Perlu Kamu Tau!

            Kamu tau nggak, kalau peremp...