ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Jangan Percaya Sama Mitos Menstruasi!

Jangan Percaya Sama Mitos Menstruasi!

04 Nov 2019

Jangan Percaya Sama Mitos Menstruasi!

Menstruasi memang jadi peristiwa baru dalam proses pertumbuhanmu. Makanya nggak heran kalau kamu selalu kepo sama apapun yang berhubungan dengan menstruasi. Eits, tapi bukan berarti kamu boleh langsung percaya sama semua info yang didapat ya! Bisa jadi info itu adalah mitos alias nggak benar, Girls.

Kamu nggak kan, salah kaprah bahkan sampai melakukan hal yang keliru cuma karena “terperangkap” sama mitos? Nah, sebaiknya kamu cek dulu kebenarannya di bawah ini, Girls:

  • Cewek harusnya menstruasi di usia 13 tahun

Nggak ada batasan usia yang pasti untuk seorang cewek harus mengalami menstruasi pertamanya. Kondisi yang dianggap normal adalah seorang cewek bisa mengalami menstruasi pertama pada periode pubertas. Periode itu berlangsung antara usia 8 - 15 tahun. Tapi, karena setiap cewek menjalani proses pertumbuhan yang berbeda, maka penundaan menstruasi masih mungkin dialami sampai akhir usia 18 tahun, yaitu batas usia pertumbuhan fisik cewek berlangsung.

  • Saat nggak mengalami menstruasi, seorang cewek artinya hamil

Kehamilan memang alasan paling umum tertundanya menstruasi, setelah seorang cewek biasa mengalaminya secara teratur. Tapi stres, sakit, perubahan berat badan, diet, kurang istirahat, kurang olahraga, juga bisa menyebabkan siklus menstruasi terganggu dan tertunda.

  • Menstruasi nggak teratur berarti ada penyakit

Pada tahun pertama mengalami menstruasi, biasanya siklus memang belum berlangsung secara teratur karena sistem reproduksi belum bisa memproduksi hormon reproduksi secara seimbang. Berdasarkan fakta medis, menstruasi akan teratur dengan sendirinya setelah seorang cewek melewati usia akhir 18 tahun, karena hormon reproduksi udah diproduksi dalam kadar yang seimbang.

  • Saat menstruasi, artinya tubuh lagi lemah atau sakit

Menstruasi adalah proses alami yang dilewati oleh setiap cewek produktif, Girls. Menstruasi menandakan kalau kamu itu sehat dan sistem reproduksimu bekerja dengan normal sebagaimana mestinya. Justru kalau kamu nggak mengalami menstruasi sama sekali, itu baru artinya kamu sakit.

  • Soft drink bisa melancarkan menstruasi

Sampai sekarang belum ada penelitian medis yang membenarkan pernyataan tersebut. Karena kelancaran aliran darah menstruasi yang keluar sebenarnya dipengaruhi oleh hormon dan faktor psikis seseorang. Bukan sama apa yang kamu konsumsi selama menstruasi, Girls.

  • Menstruasi yang sehat dan normal berlangsung selama seminggu

Bedasarkan fakta medis, menstruasi yang normal berlangsung antara 2 - 10 hari. Tapi, setiap cewek punya durasi menstruasi yang berbeda-beda, Girls. Asalkan kamu mengalami menstruasi nggak kurang dari 3 hari, dan nggak lebih dari 10 hari, maka kondisi itu masih termasuk normal.

  • Minuman dingin dan air es bisa membekukan darah menstruasi

Sebenarnya air dingin nggak punya efek apapun saat menstruasi lho! Terutama efek menghambat aliran darah menstruasi karena membeku. Hal ini disebabkan karena saluran pencernaan yang dilewati air dingin terpisah dari saluran reproduksi. Selain itu, semua makanan yang udah melewati kerongkongan, suhunya akan diubah menjadi suhu tubuh, sehingga nggak akan sama seperti saat dikonsumsi. Selama nggak menyebabkan kembung, minum air dingin dan es saat menstruasi sama sekali nggak akan memicu masalah reproduksi kok, Girls.

Mana nih, mitos yang masih kamu percaya sampai sekarang? Sebenarnya masih banyak banget hal-hal yang sering dibicarakan tentang menstruasi, dan nggak benar. So, kalau kamu mendengar sesuatu dan merasa bingung, jangan ragu untuk mencari faktanya ya! Kamu bisa menanyakan semuanya ke dr. Laurier kok, karena pasti selalu siap untuk menjawab semua ke-kepo-an kamu, Girls!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka lebih paham dan nggak terjebak sama mitos yang beredar!

Related Articles

Adulthood
30 Jun 2019

Kram Menstruasiku Termasuk Parah Nggak, ya?

Pasti kamu pernah merasa kram atau nyeri perut pas lagi menstruasi, kan? Kamu harus tau lho, kram me...
Adulthood
05 Sep 2019

5 Faktor yang Pengaruhi Kesehatan Reproduksi

Girls, ternyata menjaga kesehatan reproduksi itu penting banget lho! Apalagi buat kamu yang lagi mer...
Adulthood
10 Oct 2019

Jangan Biarkan Perdarahan Berlebih Saat Menstruasi!

Girls, kamu pernah mengalami perdarahan yang berlebih saat menstruasi nggak? Kalau pernah, kondisi i...