ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Jangan Biarkan Perdarahan Berlebih Saat Menstruasi!

Jangan Biarkan Perdarahan Berlebih Saat Menstruasi!

10 Oct 2019

Jangan Biarkan Perdarahan Berlebih Saat Menstruasi!

Girls, kamu pernah mengalami perdarahan yang berlebih saat menstruasi nggak? Kalau pernah, kondisi ini bisa jadi cuma gangguan dari kadar hormon reproduksimu yang nggak seimbang, atau malah tanda-tanda penyakit darah yang serius lho.

Kondisi perdarahan berlebih atau berat saat menstruasi dikategorikan sebagai menorrhagia. Biasanya perdarahan ini berlangsung lebih dari 7 hari, bahkan bisa sampai lebih dari 10 hari. Tapi, kalau gejala ini nantinya ditandai sama perdarahan yang susah berhenti, misalnya setelah kamu cabut gigi, atau persalinan dan operasi, berarti ini bisa diwaspadai sebagai penyakit darah.

Ada beberapa penyakit darah yang menyebabkan perdarahan berlebih saat menstruasi:

  1. Von Willebrand

Ini adalah kondisi medis yang ditandai dengan pendarahan yang parah, nggak terkendali, dan berhenti dalam waktu yang lebih lama saat pasien terluka atau cedera. Kondisi ini terjadi karena darah nggak bisa membeku, akibat kekurangan protein faktor von Willebrand (FVW).

  1. Hemofilia

Hemofilia adalah penyakit yang menyebabkan gangguan perdarahan karena kekurangan faktor pembekuan darah. Akibatnya, perdarahan berlangsung lebih lama saat tubuh lagi mengalami luka.

Walaupun kedua jenis gangguan darah ini punya gejala yang sama, yaitu terjadinya perdarahan berlebih dan susah berhenti, tapi sebenarnya kedua gangguan ini berbeda lho. Apa sih, bedanya?

Hemofilia adalah gangguan koagulasi herediter (gangguan pembekuan darah bawaan) akibat mutasi atau cacat genetik pada kromosom X. Sedangkan, Von Willebrand adalah penyakit akibat kekurangan atau kelainan protein yang memengaruhi fungsi trombosit dalam darah.

Kalau kamu mengalami perdarahan menstruasi yang berlebih, dan muncul gejala perdarahan yang nggak gampang berhenti, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter ya, Girls! Supaya kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat untuk kondisimu. Ingat, jangan pernah anggap sepele kondisimu! Stay healthy, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka juga tau info penting ini!

Related Articles

Adulthood
26 Aug 2019

Lawan Kram Menstruasimu!

Kamu tau nggak, Girls, data WHO menyatakan kalau ¾ perempuan ternyata mengalami kram saat men...
Adulthood
11 Jan 2021

Apakah Telat Datang Bulan yang Kualami Gara-Gara PCOS?

Siklus menstruasi yang tidak teratur atau telat datang bulan biasa terjadi akibat faktor keturunan a...
Adulthood
09 Sep 2022

Minum Kopi saat Menstruasi, Boleh Gak Ya?

Menstruasi tidak menjadi alasan untuk menghentikan ritual ‘ngopi’ bagi sebagian perempua...