ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Jaga Kadar Gulamu Sebelum Menstruasi!

Jaga Kadar Gulamu Sebelum Menstruasi!

29 May 2019

Jaga Kadar Gulamu Sebelum Menstruasi!

Kamu sadar nggak sih, Girls, kalau pas lagi menstruasi itu kamu nggak cuma mengalami kram, kembung dan perubahan mood aja. Tapi, kadar hormon reproduksi mu juga berubah-ubah tuh! Nah, ternyata perubahan kadar hormon reproduksi ini menyebabkan turunnya kadar hormon insulin di dalam tubuh, sehingga mengakibatkan kadar gula darah meningkat.

Peningkatan kadar gula darah yang di atas rata-rata (70 – 110 mg/dl darah setelah puasa 8 jam) punya efek yang beda-beda pada setiap cewek, tergantung kondisi kesehatannya. Tapi, cewek yang kena diabetes dan pakai insulin perlu menyesuaikan dosis supaya dampak pengobatan tetap optimal.

Para ahli memastikan bahwa peningkatan kadar gula darah terjadi satu minggu sebelum seorang cewek mengalami menstruasi. Supaya bisa mengurangi gangguan kesehatan karena dampak peningkatan kadar gula, para ahli menyarankan beberapa hal, yaitu:

  • Mengatur asupan karbohidrat

Di dalam tubuh, karbohidrat diubah menjadi gula. Karena itu, dari seminggu sebelum menstruasi, sangat disarankan untuk mengurangi karbohidrat. Ini berarti mengurangi konsumsi nasi, roti putih, dan jenis makanan lain yang mengandung karbohidrat tinggi.

  • Menambah durasi olahraga

Seenggaknya lakukan aerobik selama satu jam, setiap dua hari pada minggu sebelum menstruasi, karena olahraga bisa bikin tubuhmu mengubah gula menjadi energi, dan nggak cuma numpuk di dalam tubuh.

Nggak ribet kan, Girls? Coba deh, kamu lakukan dua saran itu, supaya tubuhmu nggak kena dampak peningkatan kadar gula setiap kali kamu mau menstruasi.

Share artikel ini ke teman-teman cewekmu, yuk, supaya mereka juga bisa menjaga kadar gulanya pas menjelang menstruasi!

Related Articles

Adulthood
17 Jul 2020

Mood Swing-ku Mengganggu Orang Lain Nggak ya?

Saat PMS ataupun menstruasi hampir semua cewek pasti pernah mengalami mood swing. Kamu salah satunya...
Adulthood
19 Sep 2019

Kenapa Menstruasiku Belum Teratur Juga?

Menstruasi yang datangnya nggak tetap alias sering berubah-ubah tanggal, memang cenderung bikin bing...
Adulthood
29 Jul 2019

Yuk, Rawat Rambut Pubismu!

Girls, kamu tau nggak, kalau masa puber ternyata bakal terjadi di usia 9 - 15 tahun lho. Di masa pub...