Info Singkat Tentang PMS
ask dr laurier

Info Singkat Tentang PMS

Info Singkat Tentang PMS

21 Oct 2019

Info Singkat Tentang PMS

Kata “PMS” pasti udah nggak asing lagi buat kamu kan, Girls? Sebetulnya, PMS itu apa sih? Yup! PMS atau Pre-menstrual Syndrome adalah berbagai gejala fisik dan non-fisik yang dialami seorang cewek, akibat reaksi tubuh terhadap naik turunnya kadar hormon yang terjadi menjelang menstruasi. Secara medis, sampai sekarang dilaporkan ada sekitar 100 gejala PMS. Tapi, yang paling sering dialami adalah: nyeri dan kram perut, payudara kencang dan nyeri, kecanduan makanan tertentu, mood swing, gampang marah dan tersinggung, depresi, perubahan nafsu makan, sakit kepala ringan, susah konsentrasi, muncul jerawat, gampang capek dan susah tidur.

Di antara beberapa gejala PMS ini, mana yang paling sering kamu alami, Girls? Pasti kondisi itu mengganggu aktivitasmu banget kan? Tenang aja, kamu bisa mengatasi semuanya dengan cara-cara yang simple lho! Apa aja ya?

  • Kurangi makanan bergaram, seperti kentang goreng, kacang-kacangan, dan makanan berbumbu, untuk mengurangi kandungan air berlebih
  • Kurangi makanan berupa tepung, gula, kafein, dan cokelat
  • Perbanyak makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C dosis tinggi, selama seminggu sebelum menstruasi
  • Konsumsi makanan berserat
  • Perbanyak minum air putih
  • Kalau menstruasi cukup banyak mengeluarkan darah, perbanyak konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung zat besi supaya kamu terhindar dari anemia

Gampang banget kan, Girls? Mulai sekarang kamu bisa mencoba cara-cara di atas, untuk mengurangi gangguan PMS-mu ya! Mengatasi gejala PMS adalah hal penting yang harus kamu lakukan menjelang menstruasi. Nah, ada juga hal penting yang harus kamu lakukan selama menstruasi, yaitu menjaga kebersihan. Kamu harus melakukan hal-hal di bawah ini, supaya kebersihanmu selama menstruasi tetap terjaga!

  • Ganti pembalut minimal setiap empat jam sekali.
  • Bersihkan area miss V dengan gerakan dari arah depan ke belakang. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari perpindahan bakteri, virus dan berbagai pemicu gangguan kesehatan dari saluran pembuangan.
  • Keringkan area miss V dengan benar, setiap habis mandi, BAK atau BAB, supaya nggak lembap.

Kamu harus selalu rajin menjaga kebersihan miss V-mu ya, Girls, supaya kesehatan reproduksimu juga tetap terjaga dan nggak gampang kena penyakit. Kalau PMS udah teratasi, dan kebersihan miss V selalu terjaga, pasti hari-harimu bakal semakin nyaman. Let’s try it, Girls!

Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu ya, supaya mereka juga tau info ini!

Related Articles
Adulthood
31 Oct 2019

Tekstur Darah Menstruasi

Kamu sadar nggak, Girls, kalau tekstur darah menstruasi yang keluar dari dalam tubuhmu cenderung ber...
Adulthood
26 Jan 2020

Aku Pede Nggak sih?

Girls, kamu udah merasa percaya diri belum sama kondisimu yang terlihat ataupun nggak sekarang ini? ...
Adulthood
23 Oct 2019

Hati-hati Bersihkan Area Miss V!

Kamu pasti selalu menggosok kulit tubuh saat mandi kan, Girls? Apa kamu melakukan hal yang sama terh...