ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Hujan atau Menstruasi? Kok Deras Banget?

Hujan atau Menstruasi? Kok Deras Banget?

09 Jul 2019

Hujan atau Menstruasi? Kok Deras Banget?

Kamu sering merasa gelisah karena aliran darah menstruasi terlihat masih banyak padahal udah lebih dari hari ketiga? Eits, jangan panik dulu, Girls! Sebelum kamu menganggap kalau perdarahan menstruasimu termasuk banyak, ada beberapa hal yang perlu kamu amati dulu nih!

  • Kurang dari satu jam sehabis pakai pembalut, udah harus ganti pembalut lagi
  • Perdarahan terjadi lebih dari 10 hari, dan volumenya nggak berkurang

Hmm….kira-kira apa sih, penyebab cewek bisa mengalami perdarahan menstruasi yang banyak?

  • Pengaruh hormon seorang cewek karena punya aliran darah menstruasi yang deras
  • Kadar hormon yang nggak seimbang, biasanya karena progesteron terlalu sedikit
  • Gangguan kelenjar Thyroid. Kelenjar ini berada di leher dan membantu mengatur berbagai fungsi tubuh
  • Endometriosis, kondisi ini bisa dialami sama cewek berbagai usia
  • Merokok

Kalau kamu mengalami perdarahan menstruasi yang deras, sebaiknya periksa lagi sesuai dua hal di atas. Kalau kamu memang mengalami salah satu dari kedua kondisi itu, jangan takut untuk langsung memberitahu mama dan minta ditemani ke dokter. Biasanya dokter bakal memberikan jenis pil yang mengandung estrogen untuk menyeimbangkan kadar hormonmu yang bisa mengurangi perdarahan menstruasi.

Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatanmu ya, Girls! Penuhi kebutuhan nutrisimu dengan baik, rajin olahraga, jangan stres, dan istirahat yang cukup supaya kamu tetap sehat selama menstruasi!

Share artikel ini ke teman-teman cewekmu yuk, supaya mereka juga bisa tau tentang info ini! ‘Cause sharing is caring, dear!

Related Articles

Adulthood
14 Jun 2019

Kenapa Aku Jadi Susah BAB, ya?

Kalau lagi menstruasi pasti kamu kadang merasa bete, benar nggak? Kamu nggak cuma harus rajin menjag...
Adulthood
05 Sep 2019

Dampak Kurangnya Info Tentang Kesehatan Reproduksi

Seiring meningkatnya angka risiko kanker serviks yang dialami para perempuan muda, maka The Gynecolo...
Adulthood
01 Nov 2019

5 Penyebab Iritasi Miss V Gampang Dialami Saat Menstruasi

Saat menstruasi, area kulit di sekitar miss V perlu perhatian ekstra lho, Girls! Memangnya kenapa? H...