ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Hmm….Ini Darah Beku atau Darah Menstruasi?

Hmm….Ini Darah Beku atau Darah Menstruasi?

28 Jun 2019

Hmm….Ini Darah Beku atau Darah Menstruasi?

Girls, pas kamu lagi menstruasi, kamu pernah nggak ngeliat ada bagian darah menstruasi yang mirip sama darah beku? Nah, bagian darah yang terlihat seperti darah beku ini biasanya keluar pas aliran darah menstruasi lagi deras-derasnya. Biasanya terjadi di hari kedua atau ketiga menstruasi. Kondisi ini masih termasuk normal kok, Girls. Malah sebenarnya masih bisa diatasi dengan memakai pembalut biasa.

So, kalau selama ini kamu kira itu adalah darah yang membeku, maka kamu salah besar nih! Sebenarnya potongan-potongan darah itu adalah selaput dinding dalam rahim yang diluruhkan. Biasanya peluruhan tersebut terjadi setelah otot rahim secara intens berkontraksi, jadi ada banyak darah menstruasi yang berhasil dipompa keluar dari dalam tubuh.

Bagian selaput dinding dalam rahim yang dikeluarkan dari dalam rahim sangat bervariasi warna dan volumenya. Bisa berwarna sangat terang sampai sangat gelap, dan sangat cair atau malah sangat kental.

Pada dasarnya darah menstruasi yang dikeluarkan memang mengandung banyak selaput dinding rahim, tapi kalau kamu mengalaminya secara berlebihan setiap bulan dan disertai sama gejala lemas dan pusing, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter. Kondisi ini bisa aja menunjukkan adanya gangguan kesehatan, seperti: hormon yang nggak seimbang, keguguran, atau endometriosis.

Jadi, perhatikan dengan baik kondisi darahmu dari satu menstruasi ke menstruasi lainnya ya! Supaya kamu bisa langsung sadar kalau tiba-tiba aliran darah menstruasimu mengandung selaput dinding rahim yang berlebihan, dan kamu bisa cepat memastikan kondisi kesehatan reproduksimu. Don’t forget to stay healthy, Girls!

Yuk, jangan lupa share info ini ke teman-temanmu ya, biar mereka bisa menambah pengetahuannya tentang menstruasi!

Related Articles

Adulthood
05 Sep 2019

5 Faktor yang Pengaruhi Kesehatan Reproduksi

Girls, ternyata menjaga kesehatan reproduksi itu penting banget lho! Apalagi buat kamu yang lagi mer...
Adulthood
14 Jun 2019

Kenapa Harus Ketombe sih?

Girls, kamu pasti tau ketombe, kan? Ketombe keliatan seperti serpihan putih, biasanya ada di area da...
Adulthood
04 May 2019

Kenapa ya, Siklus Menstruasiku Jadi Memendek?

Fyi nih Girls, kalau kamu umurnya udah lebih dari 20 tahun, maka siklus menstruasimu punya pola beru...