ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Hindari Hubungan Seksual Saat Menstruasi!

Hindari Hubungan Seksual Saat Menstruasi!

08 Aug 2019

Hindari Hubungan Seksual Saat Menstruasi!

Girls, sampai sekarang masih ada lho, pendapat umum yang bilang kalau melakukan hubungan seksual pas cewek lagi menstruasi itu boleh aja asalkan si cowok menggunakan pengaman untuk menghindari alat genitalnya menjadi kotor atau tertular virus. Tapi, sebenarnya para ahli kesehatan bukan tanpa alasan dalam melarang hubungan seksual saat menstruasi. Coba deh, kamu baca tiga alasan di bawah ini supaya kamu lebih paham kenapa hubungan seksual saat menstruasi itu dilarang.

  1. Saat menstruasi, akan terjadi peluruhan lapisan dinding rahim bagian dalam (lapisan endometrium) yang mengandung berbagai protein dan asam amino. Saat pembuahan nggak terjadi, lapisan endometrium ini jadi tempat yang bagus banget untuk pertumbuhan berbagai jenis bakteri. Kalau lapisan endometrium dan darah menstruasi dikeluarkan lalu bertemu dengan alat genital pria di saluran vagina, ada kemungkinan bakteri berpindah ke alat genital pria.

  2. Penularan infeksi, kalau salah satu pasangan lagi mengalami infeksi tertentu, maka darah bisa jadi media penularan infeksi yang sangat baik.

  3. Setiap melakukan hubungan seksual dengan penetrasi bisa mengakibatkan terjadinya luka-luka microscopic (luka yang sangat kecil dan kasat mata) yang bisa menjadi jalan masuknya berbagai bakteri dan virus ke dalam tubuh cewek. Selain itu, hal ini juga bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi, karena saluran vagina bakal dilewati sama darah dan lapisan endometrium yang merupakan materi yang nggak bisa steril dari berbagai virus dan bakteri.

Gimana, Girls? Sekarang kamu jadi lebih paham kan, kenapa hubungan seksual saat menstruasi itu dilarang? Kalau kamu nggak mau terkena semua risiko yang mungkin terjadi, lebih baik kamu jangan melakukan hubungan seksual saat menstruasi ya, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka juga bisa tau tentang info ini!

Related Articles

Adulthood
19 Sep 2019

Yuk, Lebih Aware Sama Siklus Menstruasimu!

Girls, ada info tambahan buat kamu nih! Dalam sebuah artikel yang dirilis oleh the Endocrine Society...
Adulthood
08 Oct 2019

Pap Smear Punya Teman Baru!

Kalau selama ini pap smear dipandang sebagai cara paling ampuh mendeteksi kanker serviks, maka para ...
Adulthood
14 Jun 2019

Bye-bye Mood Swing

Girls, kamu harus tau lho, kalau perubahan mood yang terlalu sering dan drastis pas menjelang menstr...