ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Hidung Berdarah Saat Menstruasi, Kenapa ya?

Hidung Berdarah Saat Menstruasi, Kenapa ya?

20 Jul 2019

Hidung Berdarah Saat Menstruasi, Kenapa ya?

Kamu pernah mengalami hidung berdarah saat menstruasi nggak, Girls? Mungkin bukan hal yang umum, tapi banyak cewek pernah mengalaminya lho. Biasanya, mereka nggak sadar kalau hidung yang berdarah itu ada hubungannya dengan menstruasi. Kira-kira, kenapa ya?

Pendarahan di hidung yang sering dan berulang-ulang saat menstruasi, dikenal sebagai vicarious menstruation. Peristiwa ini terjadi karena tingginya kadar estrogen yang menyebabkan pembuluh darah tersumbat dan akhirnya pecah. Biasanya terjadi pada selaput lendir, hidung atau mata, dan akan berhenti setelah periode menstruasi selesai. Tapi kalau pendarahannya banyak dan lama, gimana sih, cara menghentikannya? Yuk, simak langkah-langkahnya!

  • Pertama, duduk tegak dan posisikan kepala ke arah depan. Jangan menengadahkan kepala ya, karena darah akan mengalir ke tenggorokan dan masuk ke saluran pencernaan. Hal ini bisa menyebabkan iritasi saluran pencernaan dan akan memicu muntah.
  • Kedua, jepit hidung menggunakan dua jari, kurang lebih 10 menit untuk menghentikan pendarahan. Jangan pakai cara menghembuskan nafas untuk mengeluarkan darah, Girls, karena itu bisa membuat darah bertambah banyak!
  • Kompres hidung dan pipi dengan es, karena suhu dingin bisa menutup pembuluh darah yang terbuka, sehingga pendarahan berhenti. Biasanya pendarahan akan berhenti 10 - 20 menit setelah mendapatkan tekanan langsung.
  • Semprot hidung dengan cairan antiseptik atau cairan oralit. Jangan memasukkan benda apapun ke dalam hidung sampai 12 jam kemudian, untuk mencegah pendarahan terjadi lagi.
  • Kalau pendarahan udah bisa diatasi, cobalah istirahat 1 - 2 jam untuk menenangkan diri.

Sekarang kamu nggak perlu panik kalau hidung berdarah saat menstruasi, Girls! Pastikan aja kamu melakukan langkah-langkah di atas dengan cermat, supaya pendarahan cepat berhenti dan nggak berlangsung lama.

Kalau kamu pernah mengalaminya, kira-kira udah benar belum nih, langkah yang kamu lakukan supaya pendarahan di hidung berhenti? Yuk, share info ini supaya teman-temanmu tau penyebab hidung berdarah saat menstruasi dan cara menghentikannya!

Related Articles

Adulthood
29 Jul 2019

Yuk, Rawat Rambut Pubismu!

Girls, kamu tau nggak, kalau masa puber ternyata bakal terjadi di usia 9 - 15 tahun lho. Di masa pub...
Adulthood
02 Oct 2019

Yuk, Rawat Gigi dan Gusimu Menjelang Menstruasi!

Girls, kamu tau nggak sih, ternyata naik turunnya kadar hormon reproduksi itu bisa mengganggu keseha...
Adulthood
28 Oct 2019

Kadang Banyak, Kadang Sedikit…Kenapa nih?

Kamu pasti udah tau kan, kalau menstruasi adalah kondisi yang harus dihadapi semua cewek? Cewek yang...