ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Hati-hati Sama “Si Putih”

Hati-hati Sama “Si Putih”

11 Jul 2019

Hati-hati Sama “Si Putih”

Girls, setiap periode tertentu pasti kamu mengalami menstruasi, dan nyaris setiap hari mengalami keputihan. Iya kan? Kadang cairan keputihan itu bisa keluar banyak banget, sampai kamu merasa sangat lembap. Kondisi ini mungkin bikin kamu jadi bertanya-tanya. Bahaya nggak sih, kalau kayak begini?

Sebenarnya vagina udah punya sistem untuk membersihkan diri sendiri lho, Girls. Nah, dalam keadaan normal, vagina bakal memproduksi cairan untuk menjaga supaya tetap bersih dan mengurangi gesekan dinding vagina pas kamu lagi berjalan. Nggak cuma itu aja, di dalam jaringan vagina juga hidup kuman pelindung yang berfungsi menjaga keseimbangan ekosistem vagina.

Nah, biasanya pada kondisi tertentu, keseimbangan ini bisa terganggu sampai memicu terbentuknya lendir berwarna, beraroma menusuk, dan terasa gatal di kulit. Inilah yang disebut sebagai keputihan. Kalau dibiarkan aja, kondisi ini bisa memicu gangguan reproduksi yang lebih serius lho! Makanya kamu harus selalu berjaga-jaga dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Menjaga kebersihan di area vagina

Selain membersihkan vagina dengan air bersih, kamu juga sebaiknya merapikan rambut pubik supaya nggak terlalu tebal. Karena rambut-rambut itu kemungkinan besar bisa menjadi tempat persembunyian kuman-kuman.

  • Bersihkan diri dengan benar

Setiap kali habis buang air kecil, apalagi buang air besar, biasakan membasuh vagina dengan arah yang benar. Ingat ya, Girls, jangan dari belakang ke depan! Tapi yang benar adalah dari depan ke belakang. Kenapa? Karena kalau kamu membasuh dari arah belakang ke depan, maka kuman-kuman yang menempel di sekitar anus bakal berpindah ke vagina. Hiii...kamu nggak mau kan?

  • Cermat memilih celana dalam

Pastikan celana dalam yang kamu pakai terbuat dari bahan yang menyerap keringat. Hal ini penting banget, supaya kulit di area vaginamu nggak lembap. Karena kelembapan bisa memicu perubahan sifat flora kulit di area tersebut, dan memicu terjadinya infeksi yang berujung keputihan.

Sekarang udah lebih jelas kan, Girls? So, jangan biarkan si putih betah lama-lama di diri kamu ya! Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan vaginamu supaya kamu terhindar dari infeksi!

Share info ini ke teman-temanmu yang lain yuk, biar mereka nggak menganggap sepele soal keputihan!

Related Articles

Adulthood
11 Nov 2014

Kayak Gimana Sih PMS yang Nggak Normal?

       PMS! Siapa sih yang nggak tau PMS? Tiap bulan kamu pasti merasakan yan...
Adulthood
29 Jul 2019

Pergi Liburan Pas Menstruasi? Siapa Takut?!

Pergi liburan bakal jadi menyenangkan banget kalau nggak ada hal yang mengganggu. Setuju nggak, Girl...
Adulthood
16 Sep 2019

4 Alasan Nyeri Menstruasi Nggak Ditangani Serius

Para ahli dari fakultas kedokteran di University College London, baru aja membuat pernyataan bahwa n...