Hati-hati! Menstruasi Dini Ternyata Bisa Berisiko Stroke!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Hati-hati! Menstruasi Dini Ternyata Bisa Berisiko Stroke!

Hati-hati! Menstruasi Dini Ternyata Bisa Berisiko Stroke!

29 Jun 2019

Hati-hati! Menstruasi Dini Ternyata Bisa Berisiko Stroke!

Girls, kamu tau nggak, kalau perempuan yang mengalami menstruasi pertama di usia 13 tahun atau lebih muda, ternyata punya risiko 1,8 kali lebih tinggi untuk kena stroke, dibanding sama perempuan yang mengalami menstruasi pertama di usia 15 tahun. Kondisi ini bisa memicu terjadinya infark serebral, karena jaringan otak jadi mati akibat gangguan sirkulasi aliran darah dan oksigen. Fakta ini adalah hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan di Jurnal Neuroepidemiology pada awal Juli 2017. Risiko yang sama juga dialami perempuan yang mengalami menopause di usia 45 tahun, dibanding sama perempuan yang mengalaminya di usia 50an.

Artikel yang berisi hasil penelitian menjelaskan bahwa usia perempuan mengalami menarche dan menopause menjadi faktor penting munculnya berbagai gangguan kesehatan. Memahami fakta ini, pada akhirnya akan memungkinkan para ahli kesehatan untuk mengembangkan tindakan pencegahan yang lebih efektif.

Penelitian yang menjadi dasar artikel itu adalah hasil kerja tim peneliti dari Tohoku University dan Teikyo University School of Medicine di Jepang. Para peneliti memantau 1.412 perempuan berusia produktif pascamenopause di kota Ohasama, Jepang, selama 11 tahun, sejak 1998 sampai 2010.

Melalui kuesioner yang diisi setiap responden pada awal penelitian, para peneliti mengetahui usia para responden mengalami menarche, lalu memastikan kondisi menopause mereka pada tahun 2010, dan dihubungkan dengan kejadian stroke yang dialami kelompok responden itu. Faktor lain yang dilihat adalah tinggi badan, berat badan, penyakit jantung dan hipertensi.

Para peneliti masih menemukan hubungan yang signifikan secara statistik antara risiko stroke dan menarche dini. Penemuan ini mendukung penelitian lain yang menemukan kecenderungan yang sama di kalangan perempuan paruh baya di Inggris. Studi oleh kelompok lain nggak menemukan hubungan yang kuat, tapi para peneliti menunjukkan kalau sebagian besar penelitian itu berfokus pada hubungan antara menarche dan kematian karena stroke, bukan cuma risiko stroke aja.

Menarche dini mungkin memprediksi kejadian stroke dan bukan kematian akibat stroke," kata Profesor Takayoshi Ohkubo, profesor tamu di Sekolah Ilmu Farmasi Universitas Tohoku, yang terlibat dalam penelitian itu.

Menarche sebenarnya dipengaruhi oleh faktor genetik. Upaya untuk menunda menarche demi mencegah stroke adalah konsep yang menarik, karena anak perempuan saat ini mengalaminya di usia yang lebih dini dibanding dengan generasi sebelumnya.

Tapi, karena penelitian ini cuma diterapkan pada perempuan di daerah tertentu, perlu penelitian lebih luas lagi untuk menyimpulkan bahwa menunda menarche juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah stroke.

So, Girls, kalau kamu termasuk perempuan yang mengalami menstruasi dini, berarti kamu harus jaga kesehatanmu dengan baik ya! Tapi kalau kamu nggak menstruasi dini, melainkan temanmu yang mengalaminya, kamu bisa share info ini ke mereka, lho!

Related Articles

Adulthood
22 Oct 2019

Cobain Spa Vagina yuk!

Kamu pernah dengar tentang spa vagina nggak, Girls? Selama ini, pasti kamu taunya kalau spa cuma unt...
Adulthood
27 Sep 2019

5 Gejala PMS yang Nggak Populer

Kamu pasti udah nggak asing lagi sama gejala PMS seperti sakit kepala, sakit perut, berat badan naik...
Adulthood
08 Aug 2019

Cari Tau Tentang Oligomenorrhea yuk!

Siklus menstruasi yang nggak teratur pasti bikin kamu nggak nyaman, benar nggak, Girls? Apalagi kala...