ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Hati-hati Kena Serangan Jantung Saat Menstruasi!

Hati-hati Kena Serangan Jantung Saat Menstruasi!

Author: Tim Edukasi Laurier

06 Dec 2019

Hati-hati Kena Serangan Jantung Saat Menstruasi!

Girls, kamu pernah nggak sih, membayangkan kalau serangan jantung bisa terjadi saat menstruasi? Mungkin di antara kamu langsung berpikir, “Kok, bisa? Sebabnya apa ya?”. Ternyata pada pertengahan tahun 2006, ada sebuah hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa serangan jantung bisa terjadi saat menstruasi hari kelima pada perempuan dewasa. Hal itu disampaikan dalam Konferensi Kedokteran di California, Amerika Serikat. Dr. Bettina Hamelin, ketua peneliti dari Lembaga Jantung Quebec, Universitas Laval, Kanada juga mengatakan, “Serangan jantung seringkali datang pada hari kelima menstruasi mereka”.

Para peneliti mengungkapkan kalau 71 dari 200 responden yang mereka teliti sudah pernah menjalani perawatan karena serangan jantung. Dr. Bettina juga mengatakan, “Terungkap bahwa kadar hormon estrogen akan berubah-ubah pada siklus menstruasi perempuan dewasa yang menjelang masa menopause. Hormon estrogen akan mencapai titik terendah ketika mereka menstruasi. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan para perempuan dewasa rentan mengalami serangan jantung”. Risiko serangan jantung juga bakal semakin besar kalau seorang perempuan dewasa punya gaya hidup dan pola makan yang kurang baik sejak usia produktif, apalagi kalau mereka adalah perokok berat dan kurang berolahraga.

Nah, sekarang kamu jadi tau kan, Girls, kalau serangan jantung ternyata bisa terjadi sama perempuan dewasa saat menstruasi? So, mulai sekarang kamu harus rajin olahraga dan menjaga pola makanmu ya, supaya tubuhmu selalu sehat dan terhindar dari serangan jantung atau penyakit lainnya!

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman cewekmu ya, supaya mereka lebih waspada sama serangan jantung yang bisa menyerangnya saat menstruasi!

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
03 Dec 2019

Jangan Temenan Sama Skinny Jeans!

Model skinny jeans yang ketat menempel di kulit memang bikin kakimu jadi terlihat lebih ramping, Gir...
Author: Tim Edukasi Laurier
12 Aug 2019

Kapan Masa Suburku?

Kamu dan pasanganmu lagi merencanakan kehamilan? Pastinya kamu perlu banget info tentang masa subur ...
Author: Tim Edukasi Laurier
28 Oct 2019

Kadang Banyak, Kadang Sedikit…Kenapa nih?

Kamu pasti udah tau kan, kalau menstruasi adalah kondisi yang harus dihadapi semua cewek? Cewek yang...