Hati-hati Bersihkan Area Miss V!
ask dr laurier

Hati-hati Bersihkan Area Miss V!

Hati-hati Bersihkan Area Miss V!

23 Oct 2019

Hati-hati Bersihkan Area Miss V!

Kamu pasti selalu menggosok kulit tubuh saat mandi kan, Girls? Apa kamu melakukan hal yang sama terhadap organ genitalmu? Kalau iya, maka kamu harus hati-hati ya! Menggosok terlalu keras, membersihkan berlebihan, dan jenis sabun yang dipakai, semua hal itu perlu diperhitungkan lho. Kalau kamu melakukannya dengan benar, pasti kamu akan selalu merasa bersih dan segar. Hmm….tapi gimana sih, caranya membersihkan organ genital dengan benar?

  • Cuma bersihkan kulit di sekitar

Para ahli kesehatan sebenarnya cuma menyarankan untuk membersihkan area kulit di luar dan sekitar vagina. Kamu diingatkan supaya nggak membersihkan area di dalam vagina. Jessica Shepherd, M.D., seorang ginekolog dari Universitas Illinois di Chicago, USA dan pendiri Her Viewpoint, dalam forumnya yang membahas kesehatan reproduksi perempuan, mengingatkan bahwa organ genital perempuan punya mekanisme membersihkan diri dan menjaga kesehatan, sehingga nggak perlu dibersihkan.

  • Nggak perlu sabun khusus

pH normal vagina adalah antara 3,5 sampai 4,5. Kalau kamu memakai produk pembersih, seperti sabun, maka pH akan meningkat menjadi 8. Kondisi pH yang meningkat ini bisa menyebabkan gatal, iritasi dan aroma yang menusuk. Kalau kamu mau memakai sabun, maka disarankan untuk memilih sabun yang nggak beraroma, karena nggak mengandung pewangi. Walaupun begitu, saat memakai sabun tanpa pewangi, perhatikan gejala yang mungkin muncul, seperti gatal, kulit mengelupas karena kering, atau perubahan sifat cairan. Kalau hal-hal ini terjadi, sebaiknya langsung hentikan pemakaian sabun.

  • Bersihkan sekali sehari

Kalau vagina nggak dibersihkan, maka akan terjadi penumpukan sel kulit mati dan keringat di area kulit sekitar vagina. Tapi kalau dibersihkan terlalu sering, justru akan mengganggu keseimbangan pH. Cara yang paling tepat membersihkan area kulit vagina adalah:

    • Lakukan saat mandi sore hari dengan menggunakan air hangat.
    • Bersihkan area kulit dengan gerakan tangan yang halus. Jangan pakai lap atau busa mandi, karena bisa menyebabkan luka.

Kamu juga harus ingat untuk selalu mengeringkannya dengan cara menepuk-nepuk area kulit memakai handuk bersih. Mulai sekarang, jangan sampai salah langkah untuk membersihkan area vaginamu ya, Girls! Be aware and keep healthy!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka lebih hati-hati saat membersihkan area vaginanya!

Related Articles
Adulthood
29 May 2019

Sakit Menjelang Menstruasi, Kenapa ya?

Nyeri perut dan pusing pasti udah sering banget kamu rasakan pas menjelang menstruasi. Betul, nggak?...
Adulthood
14 Nov 2020

Telat Menstruasi? Coba Atasi Dengan Hal Ini!

 Haid, menstruasi, tamu bulanan, atau apapun sebutannya adalah kondisi normal dalam proses perk...
Adulthood
24 Sep 2019

Beda Masa, Beda Cara Kerjanya

Ternyata kadar hormon yang berubah-ubah sepanjang siklus menstruasi bisa memengaruhi daya ingatmu lh...