Hati-hati, Alat Masak Bisa Pengaruhi Kesuburan!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Hati-hati, Alat Masak Bisa Pengaruhi Kesuburan!

Hati-hati, Alat Masak Bisa Pengaruhi Kesuburan!

08 Oct 2019

Hati-hati, Alat Masak Bisa Pengaruhi Kesuburan!

Girls, buat kamu yang doyan masak, hati-hati ya! Karena alat masak yang kamu pakai bisa aja mengandung bahan kimia yang bakal memengaruhi kesuburan dan membuatmu susah hamil. Duh, kamu nggak mau kan, hal itu terjadi?

Bahan kimia tersebut biasanya berada di bahan pelapis anti lengket pada wajan, panci atau rice cooker yang kamu pakai. Nggak cuma memengaruhi kesuburan aja, tapi juga bisa menyebabkan kanker, menurunkan daya tahan tubuh, dan memengaruhi kesehatan reproduksi.

Dikutip dari situs web The Telegraph, para akademisi dari Green Science Policy Institute di Berkley, California merilis petisi yang bernama The Madrid Statement. Petisi ini  ditandatangani lebih dari 226 ilmuwan dan profesional yang berasal dari 40 negara, yang menyoroti bahaya zat kimia yang termasuk dalam kelompok poly-perfluoroalkyl (PFA) yang sering dipakai dalam pembuatan alat masak anti lengket.

PFA juga dikenal sebagai bahan kimia buatan manusia yang banyak dipakai untuk poduk rumah tangga, komponen elektronik sampai peralatan bangunan. Dalam situs Green Science Policy Institute, disebutkan bahwa PFA juga terdapat di udara yang kamu hirup, air yang kamu minum, dan makanan yang kamu konsumsi. Ih, serem banget kan?

 “Sulit menentukan zat PFA mana yang menjadi sumber paparan terbesar, apakah kontak langsung dengan produk-produk berbahan PFA atau pencemaran lingkungan akibat emisi produksi dan akhir masa pakai produk,” kata Simona Balan, ilmuwan senior dari Green Science Policy Institute.

Salah satu zat PFA yang diketahui berbahaya adalah C8 atau perfluorooctanoic acid (PFOA). Menurut Balan, paparan terhadap PFOA bisa terjadi kalau alat masak anti lengket dipanaskan atau permukannya tergores. Seperti dikutip dari Psychology Today, para peneliti dari University of California, Los Angeles (UCLA) sudah menerbitkan jurnal medis Human Reproduction yang menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara zat kimia pada alat masak anti lengket dan kesuburan.

Dr. Chuanyuan Fei dari UCLA yang menjadi salah satu penulis studi tersebut, menyatakan, “Penelitian yang dilakukan terhadap hewan memperlihatkan zat PFOA (yang dihirup atau terserap ke makanan yang dikonsumsi tersebut) bisa menyebabkan efek beracun pada hati, sistem kekebalan tubuh, organ reproduksi dan menghambat pertumbuhan janin di dalam kandungan.”

Dr. Fei juga meneliti 1200 sample darah pada ibu hamil dari Danish National Birth Cohor - sebuah lembaga penelitian kesehatan – dan menemukan bahwa pada perempuan yang punya banyak anak, kadar PFOA di dalam darahnya lebih rendah dibanding perempuan yang cuma punya sedikit anak. Karena itu, para peneliti menyarankan untuk membatasi penggunaan alat masak anti lengket supaya kesehatan tubuh dan organ reproduksi, serta baiknya kesuburan tetap terjaga.

So, mulai sekarang lebih berhati-hati kalau mau pakai alat masak anti lengket ya, Girls! Sebaiknya kamu batasi juga, kalau memang nggak butuh banget memakai alat masak tersebut. Jangan sampai hal ini nantinya berdampak sama kesehatan reproduksimu. Be aware, dears!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu, terutama mereka yang suka masak pakai alat masak anti lengket!

Related Articles

Adulthood
09 Aug 2019

Jangan Diet dan Olahraga Berlebihan Pas Lagi Menstruasi!

Girls, kamu tau nggak sih, sebenarnya siklus menstruasi itu bakal teratur dengan sendirinya kalau um...
Adulthood
06 Sep 2019

Menstruasi Bisa Kurangi Risiko Infeksi Ragi

Kamu sering mengalami gatal dan kemerahan di area vagina sampai membengkak? Hati-hati, Girls! Ternya...
Adulthood
03 Oct 2019

Stres Bisa Pengaruhi Kesuburan

Kiani Taylor, Ph.D dan teman-temannya, para ahli epidemiologi Ilmu Kesehatan dan Informasi dari Emor...